Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
14 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
2
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
14 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Jaga Keutuhan NKRI, Padang Gelar Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai

Jaga Keutuhan NKRI, Padang Gelar Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai
Wako Padang H. Mahyeldi bersama Forkompinda dan perwakilan Umat Beragam di Padang, jabat erat usai gelar, Apel Besar, Kebhinnekaan Cinta Damai. (Humas)
Kamis, 24 November 2016 08:48 WIB

PADANG - Di Padang, sejumlah pejabat terkait seperti Walikota Padang, Kapolresta, Ketua Pengadilan Negeri, Danlanud, Dandenpom, Wadanlantamal serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di kota ini menggelar Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai yang dilaksanakan di lapangan Imam Bonjol. Kegiatan tersebut juga diikuti perwakilan masing-masing dari berbagai penganut agama sebagai bentuk kebhinnekaan yang tetap terjaga dengan baik di ibukota Provinsi Sumatera barat (Sumbar) ini.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah mengajak, kepada seluruh masyarakat Kota Padang untuk bisa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat cinta damai. Di samping itu, kebebasan dalam mengemukakan pendapat janganlah dijadikan penyebab perpecahan akan tetapi jadikanlah sebagai semangat kebhinnekaan dengan penuh cinta damai untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Selanjutnya peningkatan kewaspadaan harus dilakukan terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan perpecahan melalui perbedaan antar suku, ras dan agama.

“Kebhinnekaan yang ada pada bangsa Indonesia ini, merupakan potensi sekaligus bisa menjadi ancaman dan tantangan. Akhir-akhir ini kebhinnekaan kita sedang diuji karena adanya perbedaan cara pandang terhadap suatu masalah melalui keberagaman suku, agama dan ras. Maka itu kita di Kota Padang, mari tetap menjaga kebhinnekaan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya-bahaya yang akan mengancam keutuhan NKRI,” sebutnya Rabu (23/11/2016).

Mahyeldi menyampaikan, melalui Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai ini diharapkan semakin menumbuhkan kesadaran dan perhatian bagi seluruh masayarakat untuk bisa bersinergi demi mempertahankan keutuhan NKRI. Sebagaimana pemerintah diminta harus bisa segera dalam menindak jika terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap aturan, demi menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

“Lalu terkait jika ada aksi demo yang dilakukan masyarakat itu kan hak demokrasi. Saya kira tidak ada satupun yang bisa menghalangi, asalkan semuanya memenuhi dan tidak melanggar aturan,” imbuhnya.

Sementara Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan Apel Besar kebhinekaan Cinta Damai ini merupakan tindak lanjut daripada Apel Kebangsaan 3 Pilar yang telah dilakukan sebelumnya. Waktu itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pernah memimpin apel kebangsaan dan menginstruksikan agar dilaksanakan apel kebhinnekaan di tingkat kabupaten/kota.

''Jadi tujuan apel ini yaitu, dalam rangka mengingatkan kita semua bahwa negara Indonesia itu disusun atas dasar kebhinekaan atau keberagaman. Dimana terdiri dari beribu pulau, ratusan jenis bahasa, suku bangsa dan sebagainya. Mari kita hargai kebhinekaan dan keberagaman menjadi alat pemersatu dan jangan sampai justru menjadi pemecah belah,” katanya.

Di dalam Apel Besar tersebut dilaksanakan penandatanganan pernyataan deklarasi bersama yang ditandatangani Walikota bersama seluruh unsure Forkopimda serta perwakilan berbagai agama di kota ini. Selain itu semua peserta apel besar juga ikut senam Ge Mu Famire bersama. Sebagaimana lagu dengan tarian dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) itu mengadposi beberapa gerakan-gerakan tarian dari berbagai daerah dengan makna persatuan demi menyatukan seluruh warga negara Republik Indonesia. (David/Faisal/Bustam)

Editor:Calva
Kategori:Padang, GoNews Group, Lingkungan, Pemerintahan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/