Loading...    
           

Ketua IPSI Sumbar Fauzi Bahar, Buka Cabor Silat Porprov XIV Sumbar

Ketua IPSI Sumbar Fauzi Bahar, Buka Cabor Silat Porprov XIV Sumbar
Ketua IPSI Sumbar Fauzi Bahar ketika membuka Cabor Silat Porprov XIV Sumbar. (Humas)
Selasa, 22 November 2016 12:39 WIB

PADANG - Pertandingan Cabang olahraga Silat pada Pekan Olah Raga (Porprov) ke XIV Sumatera Barat, dibuka secara resmi Ketua Pengurus Cabang (Pengcab), IPSI Sumbar DR. H. Fauzi Bahar, M.Si di Aula Kampus Akademi Teknologi Industri (ATI) Padang.

Silat salah satu olahraga penyumbang pedali emas terbanyak pada PON kemaren untuk Sumatera Barat, kita rengking atas, sedangkan untuk perkembangannya ada diseluruh pelosok Sumatera Barat.

Fauzi Bahar katakan silat merupakan olahraga yang menggerakan semua seni, maka hal tersebut menjadikan seluruh organ-organ didalam tubuh bergerak sehingga menjadi sehat dan bugar.

"Kita bisa lihat para guru-guru, mereka tetap sehat dan bugar, kunjungi guru-guru kita, jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka tentang ilmu silat sesungguhnya,"jelas Fauzi Bahar, Senin (21/11/2016).

Ketua Pengcab IPSI Sumbar mengharapkan kepada Gubernur Sumatera Barat untuk menjadikan Pencak Silat sebagai kegiatan Ekstrakulikuler di semua Sekolah SD, SMP, SMA dan sederajatnya.

Disamping itu, kata Fauzi juga akan dapat memastikan anak-anak yang ikut dalam kegiatan silat, terbebas dari Narkoba dan sejenisnya.

"Jadi salah satu upaya untuk perang narkoba tersebut adalah dengan silat ini saja, maka pasti mereka tidak akan terkena narkoba". katanya.

Fauzi Bahar menyampaikan bahwa disilat tersebut, adanya Hirarki didalamnya mengutamakan saling hormat kepada para seniornya, akan tetapi olahraga contohnya sepak bola tidak ada yang menerapkan seperti itu, akan tetapi di Silat mereka melakukan penghormatan semacam seperti Militer.

Silat sama dengan militer, karena kita juga menunjung tunggi disiplin, silat juga mempunyai hirarki yang kuat, budaya pengormatan kepada senior sangat diutamakan didalamnya, ujar Fauzi Bahar saat menyampaikan sambutan didepan para Atlet, Pelatih, juri dan semua yang hadir pada Pembukaan Cabang Olahraga silat.

Ia berharap, generasi muda pesilat saat ini bisa mengembangkan silat sampai seterusnya, karena silat kalau tidak dikembangkan maka nantinya beladiri kembanggaan orang Minangkabau ini akan menjadi punah.

"Saya berharap generasi muda, bisa mengembangkan ilmu bela diri silat ini, mari kita jaga agar tidak punah dan mengharapkan kejuaraan silat ini bisa berjalan dengan baik, sukses dan lancar sampai berakirnya Porprov XIV Sumbar 2016," ujar Fauzi.

Pada pembukaan pertandingan pencak silat hadir, Kadispora Kota Padang Suardi, para sesepuh silat di Sumatera Barat dan para pelatih.

Sebelum mengakhiri kata sambutan Fauzi Bahar menyampaikan, bahwasanya sebelum kita memeprlajari budaya orang lain, terlebih dahulu pelajari budaya dan tradisi kita, karena hal tersebut sangat penting. (tf)

Editor:Calva
Kategori:Olahraga, GoNews Group, Padang, Sumatera Barat

Loading...
wwwwww