Home  /  Berita  /  GoNews Group

Keindahan dan Keramahan, Padang Panjang Pantas Jadi Kota Wisata Masa Kini

Keindahan dan Keramahan, Padang Panjang Pantas Jadi Kota Wisata Masa Kini
Gerbang Selamat Datang di Kota Sejuk Padang Panjang. (Humas)
Senin, 21 November 2016 14:55 WIB

PADANG PANJANG - Berbicara tentang Padang Panjang. “Ini adalah kota yang berbahagia,” demikian tulis AA Navis, pengarang Robohnya Surau Kami yang fenomenal itu. Navis melanjutkan, “Di sana ada batu kapur yang memberi hidup, ada sawah, ada sungai yang memberi hidup, ada rel kereta yang memberi hidup".

Selain A.A Navis, Akhyari Hananto seorang penikmat wisata di negara ini, baru baru ini menuliskan ketakjubannya terhadap Padang Panjang yang kini dipimpin Walikota Hendri Arnis.

Seperti dituliskannya di media sosial internet Beta GoodNews From Indonesia, Dia memulai dengan sebuah pertanyaan. Tempat apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar nama Sumatera Barat atau Ranah Minang?

“Sebagian besar mungkin akan menjawab Padang atau Bukittinggi sebagai dua nama yang selalu terngiang pertama kali,” tulisnya.
Kemudian Hananto melanjutkan tulisannya. “Belum lama lalu, saya pun merasakan hal serupa. Namun kini, saya punya nama baru, yang telah sangat membekas di benak saya. Namanya adalah Padang Panjang,” katanya.

Pengakuan Hananto itu tepat sekali dan tidaklah berlebihan adanya. Sebab, kata Walikota Padang Panjang melalui Kabag Humas Setdako Ampera Salim, beberapa waktu lampau, orang di luar Sumbar mungkin tak sering mendengar Padang Panjang. Tapi kini kota berjuluk serambi mekah itu, sudah lekat diingatan setiap orang yang pernah atau akan berwisata ke Sumbar.

Disebutkan, kota ini dikelilingi pegunungan dengan pohon-pohon menjulang dari hutan primer yang hijau. Kota dengan wilayah terkecil di Sumatera Barat ini berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut, berada pada kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dengan suhu udara maksimum 26.1 °C dan minimum 21.8 °C, dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm/tahun.

“Inilah salah satu kota yang alamnya bernuansa pedesaan. Udaranya bersih. Masyarakatnya ramah. Setiap pejabat daerah lain yang melakukan kunjungan kerja ke Padang Panjang, pasti memuji keindahan alam dan keramahan warga kota ini,” kata walikota.

Editor:Calva
Kategori:Padangpanjang, GoNews Group, Umum
wwwwww