Home  /  Berita  /  Pendidikan

Pimpinan Media Massa Sepakat Berpartisipasi Besarkan Universitas Lancang Kuning

Pimpinan Media Massa Sepakat Berpartisipasi Besarkan Universitas Lancang Kuning
Rektor Unilak Dr Hasnati, SH MH (berdiri) berdialog dengan para pemimpin redaksi media massa cetak dan online, Senin (14/11/2016). (ist)
Rabu, 16 November 2016 19:57 WIB
PEKANBARU - Sejumlah pemimpin redaksi (Pemred) media massa di Riau sepakat untuk berpartisipasi dalam usaha membesarkan Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Niat baik para Pemred tersebut terungkap dalam acara silaturahmi dan dialog antara Rektor Unilak Dr Hasnati, SH MH dan jajarannya dengan para pemimpin redaksi media massa cetak dan online, di aula Perpustakaan, Kampus Unilak, di Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru, Senin (14/11/2016).

Hadir pada acara tersebut Pemred Tribun Pekanbaru Dodi Sarjana, Pemred Riau Pos Asmawi, Pemred GoRiau.com Hasan Basril, Pemred Metro Riau Asril Darma, Pemred Riauonline Fakhrurrodzi, Pemred Haluan Riau Mohammad Moralis dan Dewan Redaksi Yube Media Group Satria Utama Batubara.

Dalam sambutannya, Rektor Unilak Hasnati, berterima kasih kepada para Pemred media massa yang telah memenuhi undangan silaturahmi dari Unilak. ''Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak-bapak pimpinan media cetak dan online. Sebenarnya kita sudah lama merencanakan silaturahmi ini, tapi baru kini terwujud,'' kata Hasnati.

Hasnati sangat mengharapkan sumbangan pemikiran dari para pimpinan media dalam upaya membesarkan Unilak ke depan. ''Masukan dari Bapak-bapak sangat kami perlukan dalam mendukung usaha kami membesarkan Universitas Lancang Kuning ke depan,'' ujarnya.

Hasnati juga berharap media massa membantu memublikasikan program-program, prestasi dan keunggulan-keunggulan Unilak kepada publik. ''Kita menyadari selama ini belum maksimal bekerja sama dengan media massa untuk mempromosikan Universitas Lancang Kuning. Kami berharap silaturahmi ini membuat kita saling lebih mengenal sehingga ke depan bisa bersama-sama mempromosikan Universitas Lancang Kuning,'' harap Hasnati.

Dalam kesempatan itu Hasnati juga mengungkapkan, dalam upaya lebih mempererat hubungan dengan media massa dan pihak-pihak lainnya, Unilak sudah membentuk lembaga khusus kehumasan. ''Koordinator Humas-nya adalah Bapak Ian Mahyar,'' sambungnya.

Pada sesi dialog yang dipandu Wakil Rektor I Unilak Dr Junaidi, Pemred Tribun Pekanbaru Dodi Sarjana, menyarankan Unilak diarahkan menjadi kampus pengkajian. Hasil-hasil kajian terhadap berbagai bidang yang dilakukan para civitas akademika Unilak tersebut nantinya bisa dipublikasikan di media massa.

''Kami nanti akan mencoba membantu memublikasikan hasil-hasil kajian para dosen dari Unilak ini, sehingga bisa diketahui masyarakat luas,'' janji Dodi.

Sedangkan Pemred Riau Pos Asmawi, menyatakan, pihaknya siap bekerja sama membantu mempromosikan Unilak. ''Namun perlu juga dipahami, bahwa sekarang eranya bisnis media. Jadi, fungsi idealis pers harus berjalan seiring dengan fungsi bisnisnya,'' kata Asmawi.

Sementara Pemred Metro Riau Asril Darma mengungkapkan, belakangan ini wartawan di Riau kesulitan mencari pengamat. Asril berharap para dosen di Unilak proaktif menyampaikan pandangannya kepada wartawan tentang isu-isu terbaru, untuk dipublikasikan di media massa.

Menyambung yang disampaikan Asril, Pemred Goriau.com Hasan Basril, mengajak para dosen di Unilak memopulerkan diri dengan sering menulis artikel dan mengirimnya ke media massa.

''Sebenarnya di kampus-kampus yang ada di Riau ini, termasuk di Universitas Lancang Kuning, banyak sekali pakar, ilmunya luas dan dalam. Tapi sayangnya, tidak dikenal wartawan karena jarang, bahkan tidak pernah menulis artikel di media massa,'' kata Hasan.

Menurut Hasan, karya ilmiah yang ditulis para dosen juga bisa dipublikasikan di media massa. ''Tentu saja harus diubah dulu menjadi tulisan ilmiah populer,'' ujarnya.

Hasan bahkan menyatakan kesiapannya berdiskusi dengan para dosen Unilak tentang cara mengubah tulisan ilmiah menjadi artikel ilmiah populer.

Dewan Redaksi Yube Media Group Satria Utama Batubara, menyarankan Unilak juga memanfaatkan media sosial dalam melakukan promosi. ''Anak-anak muda sangat akrab dengan media massa, makanya Unilak harus memanfaatkan media sosial juga sebagai sarana promosi,'' ucapnya.

Pemred Riauonline yang juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru Fakhrurrodzi, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Unilak karena telah bersedia menjadi sponsor salah lomba dalam rangkaian Festival Media Nasional 2016 bertemakan ''Media Cerdas Lestarikan Bumi'' yang digelar AJI Indonesia di Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru pada tanggal 19-20 November 2016.

Sebelum menutup dialog, Dr Hasnati mengucapkan terima kasih atas berbagai masukan yang disampaikan para pimpinan media. ''Terima kasih atas berbagai masukan berharga dari teman-teman pimpinan media. Kami selalu menunggu sumbangan pemikiran selanjutnya dari teman-teman media demi membesarkan Universitas Lancang Kuning yang kita cintai ini,'' tandasnya.

Acara silaturahmi dan dialog tersebut diakhiri dengan makan siang bersama.rls

Editor:sanbas
Kategori:Pendidikan, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/