Home  /  Berita  /  Peristiwa

Longsor Hantam Aie Batumbuak Gunung Talang Solok, Seorang Meninggal DuniaArus Lalu Lintas Kembali Normal

Longsor Hantam Aie Batumbuak Gunung Talang Solok, Seorang Meninggal DuniaArus Lalu Lintas Kembali Normal
Lokasi longsor di Aie Batumbuak Gunung Talang Kabupaten Solok yang sudah bisa dilalui kendaraan.
Rabu, 16 November 2016 08:40 WIB
Penulis: W Leto Tapays
SOLOK - Longsor kembali menelan korban jiwa. Kali ini menghantam Aie Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Longsor yang terjadi pada Selasa (14/11/2016) menyebabkan satu orang meninggal dunia, dan satu orang luka lecet karena tertimbun material longsor.

Bencana ini terjadi sekitar pukul 18.20, saat magrib. Ketika longsor pertama sebagian badan jalan tertutup, beberapa warga setempat berusaha untuk membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan. Sedang asyik membersihkan material longsor inilah terdengar gemuruh, dan diiringi dengan longsor.

"Kami lari berpencar menyelamatkan diri," ujar Syafri, salah seorang warga yang ikut membersihkan material longsor di pinggir jalan lintas Lubuk Selasih-Alahan Panjang itu. Malang bagi Anastasia (40), yang terbawa material longsor. Ia menghilang ditelan material longsor tersebut. Jasadnya baru ditemukan Selasa (16/11) dini hari, sekitar pukul 12.10 WIB.

Sementara Rafli (19) bisa diselamatkan, setelah sempat tertimbun material longsor. Semula yang terlihat kakinya, yang masih bergerak. Melihat hal itu, warga setempat segera menyelamatkannya secara manual. Ia berhasil diselamatkan dan hanya megalami luka lecet, namun sekujur tubuhnya dipenuhi lumpur.Begitu mendapatkan laporan, BPBD, kepolisian, TNI, Dinas PU dan warga segera memberikan pertolongan. Semuanya bahu membahu dalam menyelamatkan korban hilang.

Bersamaan dengan ditemukannya jasad Anastasia, arus lalu lintas yang sempat macet total selama lima jam kembali pulih sekitar pukul 12.00 malam. Alat berat pun tidak terlihat lagi di lokasi.

Hari ini, Rabu (16/11) arus lalu lintas terlihat normal. Sementara di rumah duka terlihat sudah dipenuhi pelayat. Ini merupakan musibah kedua, yang menelan korban jiwa dalam dua bulan terkahir. Pada September dulu juga terjadi longsor di jalur ini, tepatnya di Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, yang juga menelan korban jiwa. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/