Home  /  Berita  /  GoNews Group

Nikmati Sensasi Alamnya, Mari Berwisata Jalan Kaki di Kota Sejuk Padang Panjang

Nikmati Sensasi Alamnya, Mari Berwisata Jalan Kaki di Kota Sejuk Padang Panjang
Suasana di lokasi wisata jalan kaki di alam Padang Panjang. (Foto: Inyong Bee)
Kamis, 10 November 2016 08:48 WIB

PADANG PANJANG sebuah kota kecil dengan sebutan Kota Serambi Mekkah ini, memiliki segudang potensi wisata yang siap untuk dipoles. Berada di tiga kaki gunung yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek memiliki hawa sejuk yang selalu dirindukan bagi mereka yang singgah di Padang Panjang. Obyek wisata di Padang Panjang tak kalah halnya dengan objek wisata lain di Sumbar.

Kota ini berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut, berada pada kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dengan suhu udara maksimum 26.1 °C dan minimum 21.8 °C, dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm/tahun. Menambah romantisme ketika berjalan-jalan di kota ini.Keindahan obyek wisatanya patut untuk diperhitungankan. Jadi, buat Anda yang ingin mencari suasana berbeda di Sumatera Barat, cobalah berkunjung ke Kota Padang Panjang.

Secara topografi kota ini berada pada dataran tinggi yang bergelombang, di mana sekitar 20,17 % dari keseluruhan wilayahnya merupakan kawasan relatif landai (kemiringan di bawah 15 %), sedangkan selebihnya merupakan kawasan miring, curam dan perbukitan. Perbukitan di Padang Panjang memiliki ketinggian sekitar 850 mdpl. Puncaknya yang tidak terlalu tinggi membuat Bukit ini cocok untuk para pendaki pemula, bahkan dalam waktu kurang dari 45 menit Anda sudah bisa mencapai titik puncak bukit. Medannya pun tidak terlalu sulit, jadi bisa dengan mudah juga untuk sampai ke titik puncak. So, hiking ke Perbukitan di Padang Panjang dijamin nggak bakal bikin fisik Anda lesu...

Wisata Jalan Kaki atau Hiking adalah salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktifitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga.Biasanya tempat yang dituju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah dibuat. Dan jarak tempuhnya singkat.

Hiking juga mengandung unsur permainan, petualangan dan romantika kehidupan, bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris seperti asal kata dasarnya. Kegiatan Hiking mempunyai beberapa manfaat antara lain:

1. Menurunkan berat badan

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

3. Mengurangi risiko terkena serangan jantung

4. Mencegah osteoporosis dengan meningkatkan Kerapatan tulang

5. Meningkatkan dan memelihara kesehatan mental.

6. Memperlambat penuaan

7. Meningkatkan kualitas udara yang kita hirup.

Untuk beraktivitas Hiking di Padang Panjang, kamu bisa melewati jalan setapak (lebar kurang lebih satu meter) yang terbentuk oleh aktivitas para petani dan penggarap kebun diatas Bukit. Jalan yang setapak yang sudah bersih membuat para pendaki nyaman dan asyik mengikuti rute Hiking ini. Namun konsentrasi dibutuhkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan fisik . Sungguh...surganya bagi wisata jalan kaki.

Bila berminat, ada banyak rute yang bisa ditempuh, diantaranya: Rute Sepanjang Rel Kereta Api, Rute Bukit Utara Padang Panjang, Rute Trek Sawah Liek, Rute Trek Telaga Kumbang, dll

Tips Mendaki ke Perbukitan di Padang Panjang

Sebelum mendaki, alangkah baiknya kamu cek dulu kesehatan tubuhmu. Pastikan kondisi tubuhmu benar-benar dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.Mendaki pasti membuat tubuhmu cepat lelah, maka dari itu jangan lupa bawa bekal secukupnya seperti minuman, cemilan atau makanan. Jangan lupa juga bawa jaket atau baju hangat.Buat kamu yang ingin foto-foto, pastikan kondisi batre ponsel dan batre kameramu dalam keadaan full.

Bila perlu bawa powerbank.Gunakanlah alas kaki sandal atau sepatu gunung yang pas dengan ukuran kakimu. Alas kaki yang kesempitan atau kebesaran takutnya membahayakan dirimu.Pastikan segala perlengkapan pendakian ada di dalam tas. Dan kalau bisa gunakanlah tas anti air, buat jaga-jaga saja takutnya turun hujan. Bicara soal hujan, jangan lupa juga bawa mantel atau jas hujan.

Padang Panjang merupakan wilayah yang dapat disebut sebagai Minangkabau kecil. Karena penduduknya berasal dari berbagai daerah di Minangkabau. Sehingga dapat dilihat, dialek yang menjadi bahasa sehari – hari bukan dialek yang khas, melainkan dialek standar Minangkabau yang mudah dimengerti. Hal ini terbentuk karena terjadinya asimilasi berbagai adat dan kebudayaan Minangkabau dari berbagai daerah.

Salah satu faktornya adalah Padang Panjang sebagai kota perlintasan yang telah dikenal sejak masa lampau. Penduduk Padang Panjang bermata pencaharian sebagai Petani, Pegawai dan Pedagang.

Oke, itulah sedikit informasi mengenai obyek wisata Soft Hiking di Kota Padang Panjang dan tips-tipsnya. Semoga bermanfaat. Ingat, utamakan keselamatan. Jika Anda butuh pemandu untuk melakukan Hiking asyik di Kota Padang Panjang.

Anda bisa menghubungi klub jalan kaki #raunholic atau websitenya di www.raunholic.com. Selamat hikking teman-teman.... (Humas/Budi)

Editor:Calva
Kategori:GoNews Group, Olahraga, Umum, Padangpanjang
wwwwww