Home  /  Berita  /  Umum

Pekan Inovasi RRI Sukses Melahirkan Masyarakat Kreatif dan Inovatif

Pekan Inovasi RRI Sukses Melahirkan Masyarakat Kreatif dan Inovatif
Direktur LPU Richard Poyk Menyerahkan Penghargaan Pada Pemenang Lomba Broadcasting. (Humas)
Senin, 07 November 2016 06:46 WIB

PADANG - Kegiatan perlombaan inovasi yang dilaksanakan Radio Republik Indonesia (RRI) bisa menjadi pendorong pemerintah daerah untuk giat membina masyarakat agar melahirkan inovasi positif yang dapat meningkatkan daya saing masyarakat dalam era globalisasi.

“Masyarakat harus terus didorong untuk melahirkan karya atau produk yang setidaknya dapat memberikan dampak ekonomi bagi dirinya sendiri,” ungkap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno ketika memberikan sambutan pada acara penutupan Grand Final Pekan Inovasi Nasional RRI di pelataran RRI Padang, Sabtu malam (5/11/2016).

Saat ini telah banyak produk yang dihasilkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar, namun masih banyak yang perlu dibenahi agar layak bersaing di kancah nasional dan internasional, serta memiliki nilai jual yang tinggi.

“Banyak produk makanan olahan dan kerajinan yang dihasilkan masyarakat kita. Tapi masih perlu sentuhan, seperti perbaikan kemasan, strategi promosi yang efektif,” jelasnya.

Tidak hanya masyarakat, pemerintah daerah juga harus selalu berinovasi dalam memberikan layanan pada masyarakat, salahsatunya dengan penerapan teknologi. Menurut Irwan Prayitno, penerapan inovasi dan teknologi dalam layanan mutlak dilakukan, karena terbukti lebih efektif dan efisien.

“Pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat Drive Thrue, hanya butuh waktu lima menit. Di sejumlah pasar di Kota Padang sudah terpajang papan elektronik yang menginformasikan harga komoditi harian supaya transparan tidak ada permainan harga. Inovasi yang seperti itu harus dikembangkan terus di Sumbar,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Layanan Pengembangan Usaha RRI Richard Poyk mengatakan, kegiatan pekan inovasi yang menjadi rutinitas tahunan RRI adalah wadah untuk mengembangkan sekaligus memperkenalkan inovasi masyarakat supaya dikenal secara luas dan dapat menjadi percontohan.

“Pekan inovasi merupakan bukti bakti RRI menjadi radio pelayan publik, karena peserta kegiatan dimaksud adalah masyarakat yang selama ini menjadi pendengar setia RRI. Mulai dari usia dini, pemuda, sampai yang tua, kita jembatani untuk menampilkan bakat, kemampuan, dan inovasi yang mereka miliki, lalu diadu secara sehat,” terangnya.

Ke depan, menurut Richard, kategori lomba pekan inovasi akan diperluas sesuai perkembangan zaman di era teknologi. Kemungkinan akan digelar kategori perlombaan baru, seperti pembuatan dan pemanfaatan laman web, ataupun kategori yang terkait dengan teknologi informasi lainnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas LPP RRI, Tantri Relatami berharap, layanan pengembangan inovasi ke masyarakat tidak berhenti sampai di acara pekan inovasi. Para finalis perlombaan harus terus dibantu untuk mempromosikan kemampuan dan inovasi mereka agar dikenal masyarakat luas.

Sementara itu, dalam penutupan Pekan Inovasi Nasional RRI 2016, Sabtu malam (5/11), setiap pemenang dari masing-masing kategori, mempersembahkan inovasi dan kemampuan mereka pada masyarakat yang hadir di pelataran RRI Padang. Tidak kalah seru, Gubernur Irwan Prayitno bersama IP Band juga turut unjuk kebolehan membawakan dua buah lagu.

Dari 4 kategori lomba, untuk kategori lomba anak bercerita, dimenangi utusan RRI Jember Alexandra Tifani juara dua diraih Bagas Destananta utusan RRI Surakarta, dan Indri Ananda Hasanah utusan RRI Kendari menjadi juara ketiga. Pada grand final lomba cipta lagu indie, dimenangi JP Band dari Ambon, dan Moment Band dari Padang pada urutan kedua, sedangkan juara ketiga diraih Peninsula Band dari Gorontalo. Untuk lomba broadcasting, juara pertama diraih Anggraini Moryana dari Pontianak, juara dua Dwi Ayu K Masani dari Biak, dan Darcencia F Harun dari Kupang sebagai juara tiga. Sementara juara pertama lomba kerajinan tangan diraih Anisa Safitri dari Bandar Lampung, juara dua Abdya Hasanah dari Bogor, serta Azmansyah dari Tanjung Pinang sebagai juara ketiga. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padang, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77