Home >  Berita >  Tanah Datar

Festival Seni Rupa di Nagari Tuo Pariangan, Abadikan Momen Pesona Nagari Terindah di Dunia di Atas Canvas

Festival Seni Rupa di Nagari Tuo Pariangan, Abadikan Momen Pesona Nagari Terindah di Dunia di Atas Canvas
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menorehkan tinta di atas kanvas dalam pembukaan festival seni rupa di Pariangan. (Humas)
Senin, 07 November 2016 05:45 WIB

BATUSANGKAR - Nagari Tuo Pariangan memiliki landscape nan indah dan menawan, ini sangat cocok bagi yang hoby fotografi maupun seni rupa. Tidak hanya memiliki pesona alam nan menawan nagari ini juga terkenal dengan asal usulnya orang Minangkabau. Didaulat sebagai nagari terindah di dunia oleh salah satu majalah wisata terkenal dunia Travel Budget terbitan New York AS, nagari ini banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun internasional. Kunjungan wisatawan per harinya mencapai 500 orang.

Hal ini juga menjadikan spirit dan inspirasi bagi para pencinta seni terutama seni rupa Sumatera Barat yang melakukan festival seni rupa di Nagari Tuo Pariangan tersebut. Festival yang dimotori oleh Drs. Asnam Rasyid dan komunitas seni rupa Sumatera Barat ini mengabadikan momen indah Nagari Tuo Pariangan di atas canvas. Festival Seni Rupa tersebut dibuka langsung Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di damping Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Jum'at (04/11/2016) di areal persawahan Guguak Nagari Tuo Pariangan.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya sampaikan rasa syukur dan terima kasih karena telah menjadikan Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu tempat kegiatan seni rupa bagi para pencinta seni rupa Sumatera Barat. Kepada yayasan seni rupa Sumatera Barat Irdinansyah beri apreseasi karena setelah ini tentu Nagari Tuo akan semakin banyak dikunjungi wisatawan, ujarnya.

Ke depan ia berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Gubernur, agar dapat mengalokasikan anggaran untuk perbaikan infrastruktur terutama jalan, karena saat ini kondisi jalan sangat sulit dilalui kendaraan roda empat terutama bus, selain jalan sempit juga banyak yang berlobang. Selain itu untuk bus pariwisata perlu juga dibuatkan sarana parkir sehingga wisatawan akan nyaman berkunjung kesini, jelas Irdinansyah.

Kepada masyarakat,bupati himbau untuk menerima tamu atau pengunjung dengan senyum dan keramahan, ciptakan kenyamanan, karena ini semua anugerah dari tuhan
kepada kita, pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Irwan Prayitno, sampaikan kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk dapat mensiasati agar banyak tamu yang datang ke nagari tuo ini, mereka berbelanja disini, menikmati pesona kuliner tradisional disini, jadi mari kita ciptakan suasana nyaman, tentram dan aman berwisata menikmati pesona alam nagari Terindah di Dunia ini, harap Irwan.

Gubernur juga ajak masyarakat, mari kita kelola dan bersyukur atas nikmat Allah SWT ini. Pesan gubernur daerah kita sudah mendunia bahkan film layar lebar yang saat ini sedang produksi, mengambil lokasi shootingnya di Nagari Tuo ini, Laskar Pelangi yang mengangkat Bangka Belitung sekarang megangkat Nagari Tuo Pariangan Tanah Datar, jadi mari kita jadikan destinasi wisata yang sulit untuk dilupakan, jelas Irwan.

Kita dukung nagari ini dengan tatanan adat, mari kita promosikan, salah satunya dengan festival seni lukis ini. Munculkan tradisi adat disini seperti kesenian silat, tradisi tradisi lainnya. kuliner tradisional. Kita jangan sampai terpengaruh budaya luar, lestarikan budaya kita, harap gubernur.

Pada kesempatan yang sama Drs. Asnam Rasyid ketua pelaksana festival jelaskan, selama ini kita hanya melukis Bukitinggi, Payakumbuh, Ngarai atau Taram, ternyata kita punya potensi lain yang indah untuk diabadikan di atas canvas yaitu Nagari Tuo Pariangan. Kali ini kita bersama pelukis se Sumatera Barat selama tiga hari di sini akan mengamadikan Nagari Terindah di Dunia Nagari Tuo Pariangan di atas canvas, jelasnya.

Nagari Tuo Pariangan dengan keindahan pesona alam dan bangunan-bangunan rumah bagojongnya punya daya tarik tersendiri untuk diabadikan melalui kuas, pungkas Asnam. Semoga ini juga mejadi destinasi wisata menarik bagi para pencinta seni baik fotografi maupun pelukis, harap Asnam.

Turut hadir pada pembukaan festival seni rupa tersebut, Camat Pariangan, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat yang memadati lokasi Festival. (Humas/Irfan F/Hadi P).

Editor : Calva
Kategori : Tanah Datar, Umum

Loading...
www www