Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Labkesda Dharmasraya Lulus Akreditasi Nasional, Langkah Maju Hadapi Globalisasi Bidang Kesehatan

Labkesda Dharmasraya Lulus Akreditasi Nasional, Langkah Maju Hadapi Globalisasi Bidang Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya drg. Hj. Erina, MKM.
Rabu, 02 November 2016 09:25 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Kesiapan daerah di bidang layanan kesehatan kini selangkah lebih maju. Pasalnya, salah satu unit layanan kesehatan yang peranannya cukup strategis, yaitu Labor Kesehatan Daerah (Labkesda) yang baru saja dinyatakan lulus akreditasi dari lembaga akreditasi Kementerian Kesehatan.

Ini menunjukkan bahwa keberadaan Labkesda sudah memenuhi standar nasional, baik personil, peralatan, fasilitas dan prosedur yang disusun. Dengan standar nasional ini diharapkan hasil pemeriksaan labor makin akurat dan makin dipercaya.

Tidak mudah mendapatkan pengakuan dari lembaga akreditasi tingkat nasional. Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya telah berjuang keras menyiapkan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Labkesda menjadi institusi yang kredibel. Selain berusaha membangun gedung yang memadai, peralatan yang digunakan juga dilengkapi dengan peralatan yang punya akurasi tinggi.

"Para petugas juga dilatih keterampilannya supaya dapat memanfaatkan dan mengoperasionalkan peralatan dengan baik. Prosedur juga disusun sedemikian rupa sehingga konsumen bisa dengan puas menerima layanan Labkesda," kata Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya drg. Hj. Erina, MKM, kemaren.

Ia mengatakan, akreditasi Labkesda ini mempunya arti strategis, terutama bila dikaitkan dengan isu globalisasi layanan kesehatan. Dengan telah mengantongi sertifikat akreditasi ini, maka diharapkan Labkesda akan tetap eksis dalam kiprah mendukung layanan kesehatan, meskipun harus bersaing dengan instansi sejenis baik milik pemerintah maupun swasta. "Berkat dukungan Bupati, Wabup dan Bu Sekda, kami bisa seperti ini," katanya. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77