Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Amankan Batas RI-Malaysia, Pangdam I/Bukit Barisan Lepas Keberangkatan Satgas Yonif 131/Brajasakti

Amankan Batas RI-Malaysia, Pangdam I/Bukit Barisan Lepas Keberangkatan Satgas Yonif 131/Brajasakti
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung periksa pasukan saat upacara pemberangkatan Satgas Yonif 131/Braja Sakti. (Penrem 032/Wbr)
Rabu, 02 November 2016 11:27 WIB

DUMAI - Dengan tekat dan semangat yang tinggi dengan dilandasi oleh komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan Negara, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti  resmi diberangkatkan pengamanan daerah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung pimpin upacara pemberangkatan Satgas Yonif 131/Braja Sakti dalam rangka Operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI-Malaysia wilayah Kalimantan Barat tahun 2016, pada Minggu (30/10) pagi di Dermaga C Pelabuhan PT. Pelindo I Dumai. 

Satuan Yonif 131/Braja Sakti  selama enam bulan lamanya telah melaksanakan latihan secara bertingkat dan berlanjut, mulai dari latihan perorangan sampai dengan latihan satuan, pengecekan persiapan  telah dicek dari Korem, Kodam dari Mabes Angkatan Darat dan Mabes TNI yang terakhir Asisten Operasi Panglima TNI secara langsung dan dari hasil pengecekan tersebut Yonif 131/Braja Sakti  dinyatakan siap untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan kepada prajurit Satgas Yonif 131/Braja Sakti, bahwa kepercayaan Bangsa dan Negara yang telah diberikan  ini jangan disia-siakan ini adalah merupakan tugas yang mulia untuk menjaga perbatasan negara.

Pangdam I/BB menyampaikan perkembangan situasi yang berkembang saat ini di daerah perbatasan, terutama adalah bergesernya patok-patok batas yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan memindahkan patok bahkan mereka melakukan kegiatan-kegiatan ilegal, melaksanakan perusakan hutan kemudian disisi lain juga banyak oknum-oknum yang memanfaatkan situasi perbatasan ini melalui jalan-jalan tikus yang ada di sana, mereka memasukan barang-barang terlarang melalui perbatasan RI-Malaysia yang ada di wilayah Kalimantan Barat tersebut, barang-barang ilegal terutama barang haram yaitu Narkoba. 

Harapan Pangdam I/BB keberadaan prajurit Yonif 131/Braja Sakti  disana harus bisa menghentikan kegiatan-kegiatan penyeludupan itu. Pangdam perintahkan kepada seluruh Prajurit agar selalu waspada dan jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan Integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Penekanan Pangdam I/BB untuk dipedomani oleh seluruh prajurit Satgas Yonif 131/Braja Sakti  dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan, sebagai berikut : 

Pertama, Pelihara keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas dimanapun berada. 

Kedua, Laksanakan tugas dengan memadukan operasi teritorial dan operasi Intelijen serta operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku. 

Ketiga,  Pahami kultur dan hormati adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati dan hati rakyat sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat dan kehadiran kalian dapat diterima masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan, tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi. 

Keempat,  Laksanakan diteksi dini dan cegah dini terhadap gangguan keamanan di daerah tanggung jawabmu dan mampu mengantisipasi gangguan serta memberi bantuan secara cepat.

Lima,  Jaga kondisi fisik dan kesehatan agar selalu siap sedia dalam setiap tugas pengamanan.

Satgas Yonif 131/Braja Sakti dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia berjumlah 350 orang pimpinan Komandan Batalyon Letnan Kolonel Inf Denny S.I.P. 

Seluruh personel diberangkatkan menggunakan KRI Teluk Ambonia 503 menuju Kalimantan Barat. (Penrem 032/Wbr)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Rantau
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/