Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pulang Dulang 29 Medali, Kafilah Pulau Punjung Juara Umum MTQ Kabupaten Dharmasraya

Pulang Dulang 29 Medali, Kafilah Pulau Punjung Juara Umum MTQ Kabupaten Dharmasraya
Sutan Hendri Tuanku Bagindo Ratu, Camat Pulau Punjung ketika menerima trophy juara umum MTQ.
Senin, 31 Oktober 2016 05:50 WIB
Penulis: Eko Pangestu

DHARMASRAYA - Sambil melambai-lambaikan tangan, Sutan Hendri Tuanku Bagindo Ratu, Camat Pulau Punjung bergegas menuju mimbar kehormatan. Dia terpanggil namanya untuk naik pentas kehormatan lantaran kafilah yang ia pimpin berhasil menekuk lawan lawannya, sehingga melenggang menjadi juara umum pada MTQ IX tingkat Kabupaten Dharmasraya yang digelar di Kecamatan Timpeh, Kamis-Sabtu 27-29 Oktober 2016.

Bagi Sutan Hendri, prestasi Pulau Punjung sebagai juara umun MTQ IX di Timpeh, sunguh sangat bermakna. Sebab bagi Pulau Punjung di bawah kepemimpinan Rajo Siguntur itu sudah yang kedua kalinya menjadi jawara.

Sebagai runner up tampil Kafilah Kecamatan Koto Baru. Kafilah yang dipimpin Nasution itu sebetulnya merupakan kafilah yang tangguh, namun apa hendak dikata, kedigdayaan Kafilah Pulau Punjung terlalu kuat untuk sekedar digoyang kafikah Koto Baru. Terpaksalah Nasution menunda kegembiraan untuk tampil ke pentas dengan mengangkat tropi. Kemudian, posisi ketiga diraih Kafilah Kecamatan Sitiung.

Kafilah pimpinan Amran Amir itu terpaksa menerima Pulau Punjung sebagai jawara dalam pesta keagamaan terakbar tahun ini. Niatnya naik pentas dan angkat tropi kandas oleh Sutan Hendri dan harus menerima posisi ketiga.

Di luar kecamatan besar (baca induk), Kecamatan Tiumang punya preastasi luar biasa. Meski belum bisa menumbangkan kesaktian Kafilah Pulau Punjung, namun kafilah yang dipimpin Reza Deswandi itu mampu bertengger di urutan keempat, menumbangkan Kafilah Kecamatan Sungai Rumbai yang notabene masih berasal dari kecamatan induk. "Kalah Sungai Rimbai dek Kami," kata Camat Reza Deswandi.

Keberhasilan Kafilah Kecamatan Pulau Punjung menyabet posisi juara umum didukung oleh prestasi para kafilahnya. Koordinator Dewan Hakim Azhari, SH., MM menghitung, Kafilah Pulau Punjung berhasil mengumpulkan 29 medali. Dari jumlah medali yang didapat, 14 buah medali di antaranya merupakan medali emas, alias pemuncak pertama. Bahkan, kata Azhari, cabang cabang bergengsi disabet Kafilah dari ibukota ini.

"Tilawah putra dewasa dapat sama Pulau Punjung," kata Kabag Kesra Setdakab Dharmasraya ini. Terlepas dari itu semua, MTQ IX telah berakhir. Prestasi para qari dan qariah sudah tercatat. Cerminan bagaimana seorang camat mampu mendorong prestasi dalam bermusabaqah juga sudah terlihat. Wabup Raja Medan berharap, hendaknya prestasi yang diraih para qari dan qariah dapat terimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. (***)

Editor:Calva
Kategori:Dharmasraya, GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/