Home >  Berita >  Pendidikan

Pengelola Perpustakaan Diharapkan Lebih Tingkatkan Fungsi Perpustakaan di Sekolah

Pengelola Perpustakaan Diharapkan Lebih Tingkatkan Fungsi Perpustakaan di Sekolah
Suasana Pembukaan Bimtek Perpustakaan yang dilakukan Pemko Padang. (Humas)
Selasa, 25 Oktober 2016 09:39 WIB

PADANG - Agar lebih menambah dan meningkatkan pengetahuan teknis bagi pengelolaan perpustakaan sekolah di Kota Padang, Pemko Padang melalui Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti para pengelola perpustakaan sekolah tingkat SD se-Kota Padang. Bimtek tersebut dibuka secara resmi Walikota yang diwakili Asisten III Setdako, Corri Saidan di Padang, Senin (24/10/2016).

Corri menyampaikan, bahwa perpustakaan itu punya peran yang sangat strategis dan penting dalam menyukseskan program pendidikan. Sebagaimana perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Padang berada di bawah pembinaan Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi.

“Oleh karena itu, setiap sekolah yang memiliki perpustakaan diperlukan tenaga pengelola berkualitas, sehingga dapat mengelola dan menfungsikan perpustakaannya dengan baik dan benar,” sebut Corri sewaktu membuka Bimtek.

Corri melanjutkan, ia pun berharap pengelolaan perpustakaan yang ada di tiap-tiap sekolah dapat semakin meningkat ke depan. Apalagi dengan adanya dibentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru berdasarkan PP No. 18 tahun 2016. Dengan itu Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi akan menjadi Dinas nantinya.

“Semoga dengan itu, kebijakan-kebijakan yang disusun nanti akan lebih mendukung pada peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan disertai peningkatan kemampuan SDM pengelola perpustakan. Sehingga akan terbangunnya perpustakaan di tiap-tiap sekolah yang betul-betul bisa memberikan akses kepada peningkatan informasi dan teknologi bagi murid,” harap Corri yang dalam Bimtek tersebut juga ditunjuk menjadi narasumber.

Setelah itu Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi, Desmon Danus menyebutkan maksud diadakannya Bimtek tersebut demi menambah dan meningkatkan pengetahuan teknis pengelolaan perpustakaan sekolah bagi pengelola pustaka SD se-Kota Padang. Tujuannya antara lain, agar terwujudnya pengelolaan perpustakaan sekolah yang ideal dalam rangka peningkatan pelayanan perpustakaan. Kemudian agar pengelola perpustakaan sekolah tersebut memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan dan keterampilan disertai wawasan perpustakaan.

“Di samping itu juga diharapkan, meningkatnya akuntabilitas kinerja dan pelayanan di bidang pengelolaan perpustakaan. Selanjutnya agar penataan dan pengelolaan
perpustakaan sekolah itu mengacu dan merujuk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Desmon menambahkan, Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa (24-25/10) dengan diikuti 60 peserta utusan dari SDN se-Kota Padang. Adapun nara sumber yang ditunjuk memberikan materi penting, diantaranya kebijakan Pemko Padang dalam pengelolaan perpustakaan sekolah, pengolahan dan pelestarian bahan pustaka, strategi meningkatkan minat baca di tengah perkembangan teknologi informasi, manajemen perpustakaan sekolah dan strategi pustakawan dalam meningkatkan minat baca murid.

“Semoga Bimtek ini mencapai sasaran yang diharapkan. Sehingga para peserta mampu menerapkan bimbingan yang diberikan untuk meningkatkan fungsi perpustakaan di sekolahnya masing-masing,” imbuh Desmon. (David/Bustam/Zayadi)

Editor : Calva
Kategori : Pendidikan, Pemerintahan, Padang

Loading...
www www