4 Kali Juara Umum, Bukti 50 Kota Sentra Produksi Ternak

4 Kali Juara Umum, Bukti 50 Kota Sentra Produksi Ternak
Kabupaten Limapuluh Kota empat kali menjadi juara umum Livestock Expo. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyebut itu bukti daerah ini sebagai sentra produksi peternakan.
Kamis, 20 Oktober 2016 18:48 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA-Empat kali menyandang predikat juara umum Livestock Expo, Kabupaten Limapuluh Kota patut mendapat acungan jempol. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi kebolehan daerah ini di bidang peternakan tersebut.

            “Kita mengapresiasi kontingen Kabupaten Limapuluh Kota, terutama peternak dan pelaku agribisnis peternakan yang telah berkontribusi hingga daerah ini meraih juara umum pada Livestock Expo tahun 2016 di Pasaman Barat,” ungkap Bupati Irfebdi dalam sambutannya pada acara syukuran Livestock Expo, kontes ternak dan bulan bakti peternakan  dan kesehatan hewan tahun 2016 di Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (20/10).

            Diakui Irfendi, sukses merebut juara umum Livestock Expo tingkat Provinsi Sumatera Barat, membuktikan kabupaten ini sebagai daerah sentra produksi peternakan yang handal di Sumatera Barat. Apalagi predikat nomor satu itu sudah berulang kali diperoleh daerah ini.

            “Kita berharap prestasi itu dapat lebih memotivasi untuk memacu semangat kita untuk terus berkontribusi positif dalam pembangunan bidang peternakan. Tak kalah pentingnya, dapat meningkatkan poduktifitas, efisiensi serta daya saing produk unggulan daerah menuju kedaulatan dan kemandirian pangan,” tutur Irfendi

            Dikatakan, pembangunan peternakan memegang peranan strategis dalam pembangunan daerah ini serta Provinsi Sumatera Barat maupun nasional. Hal itu terlihat dari data statistik peternakan di daerah ini yang menyebutkan populasi sapi potong mencapai 34.808 ekor dan jumlah ayam ras petelur yang lebih dari 5 juta ekor, serta ayam ras pedaging sebanyak 5,4 juta ekor.

            “Kita menyadari, keberhasilan program peternakan ini tidak terlepas dari pertisipasi penuh masyarakat peternak. Karenanya, sekali lagi kita mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para peternak dan pelaku agribisnis peternakan,” ulang Irfendi.

Lebih jauh Irfendi berharap populasi ternak di daerah ini semakin meningkat sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumsi daging domestik.          

            Sebelumnya Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Limapuluh Kota Ir. Priyadi Budiman kepada wartawan menyebut, tak hanya sukses menyabet juara umum Livestock Expo tahun 2016 di Pasaman Barat, daerah ini juga berhasil mengambil predikat terbaik pada Livestock Expo tahun 2015 di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu, juga juara umum pada acara serupa tahun 2014 di Kabupaten Damasraya dan tahun 2011 di kota Solok.

            “Kita bangga karena tidak saja tahun 2011, bahkan sejak tahun 2014 kita berhasil tiga kali berturut-turut menjadi juara umum hingga tahun 2016 ini. Prestasi ini berhasil diraih berkat pertisipasi aktif para peternak dengan jajaran Dinas Peternakan,” papar Priyadi yang akrab di sapa Adek.

            Menurut Adek, dalam Livestock Expo lalu Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti sejumlah perlombaan yang antara lain kontes ternak. Dari 12 ekor ternak sapi yang diikutkan, 10 ekor diantaranya mendapatkan juara dan tropy. Begitu pula pembangunan pameran pembangunan, daerah ini tampil menjadi juara 1. Bahkan dalam lomba membuat minuman teh telur, peserta dari daerah ini juga bisa berbangga merebut juara pertama.

            “Sekarang piala tetap telah berada di daerah kita, ini bukti bahwa Kabupaten Limapuluh Kota memang pantas menjadi sentra peternakan di Provinsi Sumatera Barat,” ucap Adek.

            Dalam rangkaian acara itu juga diserahkan piala juara umum dari kepala Dians Peternakan dan Keswan Ir. Priyadi Budiman kepada Bupati Irfendi Arbi. Serta penyerahan sejumlah tropy lainnya kepada para juara lomba ternak serta kelompok berprestasi.

Ikut hadir dalam acara itu Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat drh. Erinaldi, MM, serta para peternak dan pelaku usaha bidang peternakan dan para pejabat di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.***

Editor : M Siebert
Kategori : Limapuluh Kota, Ekonomi

Loading...
www www