Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ingin Lulus PTN, Calon Siswa Diimbau Ikut TPBI

Ingin Lulus PTN, Calon Siswa Diimbau Ikut TPBI
Rektor Unimal, Apridar
Selasa, 18 Oktober 2016 17:50 WIB
LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, menggelar Tes Potensi Bidang Ilmu (TPBI) untuk calon mahasiswa. Pendaftaran program ini bisa dilakukan secara online sejak 17 Oktober – 25 November 2016 melalui website https://penerimaan.spmb.or.id.

Rektor Unimal, Prof Apridar, Selasa (18/10/2016) menyebutkan tes ini diperlukan bagi siswa kelas 12, yang akan mendaftar di perguruan tinggi negeri. Sehingga, siswa mengetahui kemampuan dan bakatnya dibidang tertentu. Pada akhirnya, tidak ada lagi siswa yang memilih jurusan yang salah dan tak sesuai bakatnya.

“Siswa yang ikut TPBI ini memiliki nilai tambah. Kami akan memperioritaskan itu untuk lulus pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pengalaman tahun lalu, mereka yang ikut TPBI umumnya lolos SNMPTN,” sebut Prof Apridar.

Dia merincikan, pembayaran formulir dilakukan pada bank sejak 17 Oktober – 25 November 2016 khusus Unimal biaya pendaftaran Rp 300.000, cetak kartu ujian pada 17 Oktober-26 November 2016 dan ujian tulis akan dilakukan pada 27 November 2016.

Untuk tahun ini, tercatat hanya tujuh PTN yang menggelar TPBI yaitu Universitas Malikussaleh, Universitas Syah Kuala (Banda Aceh), Universitas Teuku Umar (Meulaboh), Universitas Samudera (Langsa), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Andalas (Padang), dan Universitas Udayana (Bali).

“Para orang tua mungkin bisa mencoba melihat kemampuan anaknya melalui tes ini. Sehingga, ketika mendaftar di PTN nanti, sudah memilih jurusan yang tepat sesuai bakat dan kemampuannya,” pungkas Prof Apridar.

Editor:Kamal Usandi
Kategori:GoNews Group, Pendidikan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77