Home  /  Berita  /  Politik

DPC dan PAC Kabupaten Agam Menolak Arogansi DPD PDI - P Sumbar dalam Pengusulan Ketua DPC Agam

DPC dan PAC Kabupaten Agam Menolak Arogansi DPD PDI - P Sumbar dalam Pengusulan Ketua DPC Agam
DPC dan 14 PAC Partai PDI-Perjuangan Kabupaten Agam saat menggelar pertemuan di Kharisma Hotel Bukittinggi menolak arogansi DPD PDI - P Sumbar dalam mencalonkan Ketua DPC Agam secara sepihak.
Selasa, 11 Oktober 2016 23:04 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Merasa dilangkahi, sejumlah pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Agam menolak keputusan DPD yang mengusulkan Indra Zahir sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Agam menggantikan Tri Erlina yang sebelumnya sudah dibebas tugaskan oleh DPP.

Hal itu dikatakan Pengurus DPC Kabupaten  Agam,  Amruh Kumadang, Dewan Pertimbangan Partai, Priyono Datuak, bersama sejumlah pengurus DPC dan PAC se Kabupaten Agam lainnya Selasa 11 Oktober 2016.

Dikatakan juga oleh Amruh Kumandang, pasca dibebas tugaskannya ketua DPC Definitif Kabupaten Agam Tri Erlina oleh DPP dan mengangkat Syahrial (salah satu ketua DPD Partai) sebagai pelaksana harian (PLH) ketua DPC Kabupaten Agam pada tanggal 29 Januari lalu dan hingga berakhirnya jabatan PLH tanggal 29 April lalu tidak pernah ada aktifitas formal kepartaian. sehingga tidak menghasilkan perkembangan apapun di DPC Kabupaten Agam kecuali hanya menambah gaduh dan rusuh.

Menyikapi kondisi partai seperti itu, tiba - tiba DPD PDIP Perjuangan memberikan informasi bahwa saudara Indra Zahir diajukan untuk diangkat sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Agam.

Atas usulan pengangkatan Indra Zahir oleh DPD PDIP Provinsi Sumatera Barat itu, maka Pengurus DPC dan PAC PDIP se Kabupaten Agam menggelar pertemuan di Kharisma Hotel Bukittinggi beberapa waktu lalu.

"Setidaknya ada 14 ketua PAC dari 16 PAC di Kabupaten Agam yang hadir dalam pertemuan itu, "ujar Amruh Kumandang yang juga sebagai penyambung lidah kader partai DPC PDIP Kabupaten Agam

Menurutnya, dalam pertemuan itu menghasilkan beberapa kesepakatan yang dituangkan dalam tiga tuntutan aspirasi (Trituntas) diantaranya menolak pengangkatan Indra Zahir itu sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Agam.

Alasannya karena pengangkatan Indra Zahir tidak tidak dilakukan secara demokratis dan tidak melibatkan PAC-PAC se Kabupaten Agam sebagai pemilik suara dan otoritas kedaulatan dalam memilih dan mengangkat Ketua DPC.

Selain itu, pengangkatan Indra Zahir tidak sesuai dengan AD/ART Partai dikarenakan yang bersangkutan juga belum menjadi anggota partai serta bertentangan dengan budaya PDIP. Hal itu mencederai semangat gotong royong, merusak prinsip kedaulatan partai, tidak adil dan tidak beradab serta anti demokrasi, tukasnya.

Padahal, di dalam AD/ART sudah ditegaskan, apabila pembebastugasan ketua DPC terjadi pada masa kepengurusan yang kurang dari 2 tahun, maka pengangkatan ketua itu harus dilakukan melalui Konferensi Cabang Khusus dan memilih diantara pengurus DPC atau dari PAC se Kabupaten Agam.

Pengurus DPC dan PAC se Kabupaten Agam itu juga menolak terhadap arogansi pengurus DPD PDIP Sumbar yang melakukan rekayasa dan intimidasi untuk mendapatkan persetujuan pengangkatan atau pengusulan ketua DPC secara konspiratif dan tidak aspiratif.

Selain itu pengurus DPC dan PAC itu juga sepakat akan memperjuangkan demokrasi yang jujur, karena kedaulatan berawal dari rakyat, apabila pengambilan keputusan tidak melibatkan suara pemegang kedaulatan yaitu anggota DPC dan PAC maka Demokrasi itu hanya modus kepalsuan saja.

Sementara AD/ART telah memberikan hak dan kewenangan pada pemilik suara yang berdaulat dalam memilih dan mengangkat ketua DPC. Amanat ini harus tegak kecuali kejujuran hanyalah sekadar ' lip service ' para pemimpin.

Amruh Kumandang juga membacakan tuntutan tertulis dari DPC dan PAC se Kabupaten Agam yang ditanda tangani oleh ketua Ren Refly dan Wakil ketua Dicki Fernando dan Amruh Kumandang sebagai penyambung lidah kader partai DPC PDIP Kabupaten Agam.(**)

Kategori:Agam, Politik
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77