Home  /  Berita  /  Umum

Komoditi Sayuran di Payakumbuh Mempunyai Prospek Cukup Cerah

Komoditi Sayuran di Payakumbuh Mempunyai Prospek Cukup Cerah
Walikota Hadiri Temu Lapang Pengembangan Cluster Holtikultura. (bdn)
Senin, 10 Oktober 2016 10:27 WIB
Penulis: Bayu de Nura

PAYAKUMBUH---Walikota Payakumbuh Riza Falepi hadiri Kegiatan Temu Lapang Pengembangan cluster Holtikultura yang dilaksanakan di Pondok pertemuan Poktan Bina Bersama Kelurahan Koto Baru Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (6/10) kemaren. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kerjasama Bank Indonesia Perwakilan Sumbar dengan Pemko Payakumbuh yang ditanda tangani 2015 lalu.

Selain Temu Lapang diwaktu bersamaan juga dilakukan Tanam Perdana Rintisan Pengembangan Komoditas Aren oleh Walikota bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Puji Atmoko, bertempat di Poktan tanjung Dama di Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina).
 
Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prop.Sumbar Nasrul, Kepala BPPT Sumbar Ismon, Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Kota Payakumbuh Zulinda Kamal beserta jajarannya, sejumlah SKPD, Camat Payakumbuh Timur L.Kefrinasdi, Lurah Koto Baru Erfaniyulma, Ketua KAN Payobasung Dt.Tan Mamat Nan Kayo, Ketua Keltan Bina bersama dan Anggota serta undangan lainnya.
 
Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Zulinda Kamal mengucapkan terima kasih pada Bank Indonesia perwakilanan Sumbar dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi yang telah memberikan bantuannya buat peningkatan produksi yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
 
Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Puji Atmoko mengatakan Bank Indonesia yang merupakan sebagai Lembaga Negara bertugas mengelola keuangan Negara dengan menjaga kestabilan nilai rupiah terhadap harga barang dan mata uang, mengucapkan terima kasih pada pemko Payakumbuh beserta jajarannya yang telah ikut menjaga sektor pangan dan Bank Indonesia siap membantu memberikan kontribusinya untuk masyarakat daerah ini demi meningkatkan kesejahteraannya, ujar Puji.
 
Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya menyebutkan pengembangan komoditi sayuran ini untuk Payakumbuh mempunyai prospek cukup cerah karena didukung oleh sarana dan prasarana Kelembagaan Pemasaran (STA dan TA). Apalagi petani kita sudah terbiasa membudidayakan komoditas sayuran begitu juga pasarnya terjamin, kata Riza.
 
Oleh karena itu Walikota mengucapkan terima kasih pada Bank Indonesia yang telah membantu program pengembangan Klaster Hortikultura yang merupakan langkah tepat dalam usaha meningkatkan produksi yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
 
Ditambahkan Walikota disegi produksi saat ini sudah baik ,kedepan disegi manejerialnya perlu ditingkatkan yaitu disegi pengetahuan serta perbaikan struktur usaha petani, simpul Riza.
 
Acara tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan alsintan berupa I unit hand tractor, Sarana dan prasarana peralatan pertanian senilai Rp.15 juta serta penyerahan pembayaran Klem Asuransi Usaha tani Bakung Jaya senilai Rp.35 juta, oleh Walikota Riza Falepi kepada Perwakilan Kelompok Tani Bina Bersama disaksikan Kepala perwakilan Bank Indonesia Puji Atmiko.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Umum, Payakumbuh
wwwwww