Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Lomba Pemanfaatan Toga Tingkat Nasional, Tim Penilai Pusat Kunjungi Kelurahan Ngalau Padang Panjang

Lomba Pemanfaatan Toga Tingkat Nasional, Tim Penilai Pusat Kunjungi Kelurahan Ngalau Padang Panjang
Wako Padang Panjang Hendri Arnis ketika mendampingi Tim Penilai Pusat dalam Lomba Toga Nasional. (Humas)
Rabu, 05 Oktober 2016 13:53 WIB

PADANG PANJANG - Menjadi pemenang lomba PKK bidang pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) di tahun 2014, membawa Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur mewakili Sumatera Barat untuk maju di tingkat nasional. Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggan bagi Kelurahan Ngalau, tapi menjadi sebuah prestasi yang membanggakan kota Padang Panjang.

Tepatnya Senin (3/10/2016), Penilai dari Pokja IV PKK Pusat yang dipimpin oleh drg Laksmi menilai secara langsung ke Kelurahan Ngalau untuk mendengarkan ekspos serta melihat kondisi ril pemanfaatan toga di Kelurahan tersebut. Turut mendampingi, Ketua Pokja IV PKK Provinsi Sumatera Barat Drs Bahrizal dan wakil ketua Pokja IV dr Denawati.

Ada yang unik dari acara penilain pemanfaatan toga kali ini. Penilai dari pusat sebelumnya di arak menggunakan odong odong dari kediaman Walikota Padang Panjang menuju Kantor Kelurahan Ngalau. Mereka bersama sama dengan Ketua TP - PKK Kota Panjang Ny. Hj. Maria Hendri Arnis beserta rombongan lainnya menaiki kendaraan wisata tersebut.

Setibanya di Kantor Kelurahan Ngalau, Penilai Dari Pusat disambut Oleh Walikota Padang Panjang Hendri Arnis dan FORKOPIMDA Kota Padang Panjang yang turut memberi dukungan agar Kota Padang Panjang meraih Juara di tingkat nasional.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis meyakini bahwa Toga atau lebih dikenal dengan Apotik hidup ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, antara lain untuk memberdayakan ekonomi keluarga dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan yang ditanami dengan tanaman obat yang berkhasiat dan tanaman yang bernilai ekonomi lainnya.

Saat ini menurut Walikota Hendri Arnis, di Kelurahan Ngalau telah di produksi berbagai produk olahan dari tanaman Toga, diantaranya : Jahe yang di olah menjadi minuman jahe dalam bentuk sirup dan bubuk jahe, lalu tanaman lidah buaya yang diolah menjadi jelly/ agar agar dari lidah buaya serta daun sereh yang di olah menjadi minyak urut.

Selaku Pembina PKK Kota Padang Panjang, Walikota Hendri Arnis mengharapkan Kota Padang Panjang bisa meraih Juara di Tingkat Nasional. “ Kita telah beberapa kali mendapat kesempatan untuk maju di Tingkat Nasional dalam beberapa penilaian, namun hanya dalam tahap menjadi kandidat juara, Semoga kali ini kita bisa menjadi Juara di Tingkat Nasional,” Katanya.

drg Laksmi, ketua tim penilai lomba pemanfaatan Toga tingkat nasional mengatakan, lomba pemanfaatan Toga merupakan lomba dalam kesatuan gerak PKK ke -44 yang diintegrasikan dengan acara puncak Bulan Bakti Goro Masyarakat (BBGRM) ke 13 yang dilaksanakan di Jakarta. “Lima nominasi dari Lomba Pemanfaatan Toga tersebut akan di Undang Ke Jakarta bulan November Mendatang,” katanya.

lomba pemanfaatan Toga ini dikatakan laksmi, bertujuan untuk mengevaluasi dan memotivasi pola peningkatan pelaksanaan program PKK. “dengan adanya lomba itu, diharapkan dapat menghasilkan output gerakan PKK yang lebih berdaya guna dan berhasil untuk kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya.

Usai mendengarkan Ekspose dari Ketua TP- PKK Kelurahan Ngalau , penilai dari pusat, drg laksmi bersama sama dengan Walikota Hendri Arnis, Ketua TP - PKK Kota Padang Panjang Maria Hendri Arnis serta rombongan melakukan kunjungan ke RT V Kelurahan Ngalau yang di jadikan fokus penilaian pemanfaatan toga tingkat nasional. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, Padangpanjang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/