Home  /  Berita  /  Pemerintahan

15 Orang Pejabat Nganggur, Pemko Bukittinggi Lakukan Mutasi dan Rotasi Pejabat Eselon III dan IV

15 Orang Pejabat Nganggur, Pemko Bukittinggi Lakukan Mutasi dan Rotasi Pejabat Eselon III dan IV
Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV oleh Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias yang berlangsung di Halaman Balaikota Bukittinggi, Senin 3 Oktober 2016.
Selasa, 04 Oktober 2016 15:26 WIB
Penulis: Jontra
Bukittinggi - Setelah santer diperbincangkan sejak beberapa bulan lalu, akhirnya Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, mulai melakukan rotasi dan mutasi jabatan di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi, di Halaman Kantor Balaikota, Senin 3 Oktober 2016.

Dalam mutasi gelombang pertama ini, jumlah Pejabat yang dimutasi berjumlah 99 orang Pejabat Eselon III dan IV. 32 orang Pejabat Eselon III dan 67 orang Pejabat Eselon IV. Selain itu, terdapat 15 orang pejabat yang ‘non job’ atau tidak mendapatkan jabatan.

Dari 15 orang yang dinonjobkan tersebut, salah seorang diantaranya baru saja menerima Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI, atas pengabdiannya selama 30 tahun dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Penghargaan Satyalancana Karya yang didapat tersebut, baru saja diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi, Sabtu 1 Oktober 2016 lalu.

Adapun 15 orang pejabat yang dinonjobkan tersebut yakni, Joni Feri Kepala Kantor Kesbangpol, Yunizul Kabid Penempatan Dan Pelatihan Tenaga Kerja pada Dinas Sosnaker, Hafrizal Sekretaris pada Dinas Kesehatan, Sanora Yuder Kepala UPTD Puskesmas Gulai Bancah, Ahmad Fauzi Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah, Yelrizon Sekcam ABTB.

Selanjutnya ada, Zulflinda Zubir Kasi Promosi dan Kerjasama pada Disbudapar, Ma’aruf Kabid Program Data dan Pengembangan BP2TPM, Rozalini Kasi Dokumentasi dan Pemeliharaan pada Kantor Arsip dan Perpustakaan, Asri Sekretaris DKP, Achir Purnama Kepala UPTD Pengujian Kenderaan Bermotor Dishubkominfo, Ujian Trianto Lurah Puhun Tembok, Syafar Lurah Campago Ipuh, Armen Lurah Ladang Cakiah dan Alwis Lurah Kubu Tanjung.

Pejabat yang dinonjobkan ini memegang jabatan baru sebagai Fungsional umum pada Dinas, Badan, Puskesmas dan Fungsional pada Kecamatan di Lingkungan Pemko Bukittinggi.

Dalam mutasi yang dilakukan ini, juga dilakukan rotasi terhadap 102 pejabat Eselon IV dan III. Seperti Kepala BPBD yang sebelumnya dijabat oleh Daspul digantikan oleh Martius Bayu yang sebelumnya merupakan Kasi Perbengkelan pada Dishubkominfo. Sedangkan Daspul memegang jabatan baru sebagai Kepala Kantor Kesbangpol.

Jondri yang sebelumnya sebagai Sekretaris BKD memegang jabatan baru sebagai Sekretaris pada Dinas Pengelolaan Pasar. Nasril yang jabatan lamanya sebagai Sekretaris Inspektorat memegang jabatan baru sebagai Sekretaris Pada DKP. Imam Suharsoyo yang sebelumnya Kabag Umum dan Administrasi pada sekretariat DPRD menduduki jabatan baru sebagai Kabid Museum dan Peninggalan sejarah pada Disbudpar.

Dalam kesempatan itu Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan, bahwa mutasi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh suatu organisasi. Mutasi bukan persoalan suka dan tidak suka, namun siapapun yang menjadi walikota mutasi itu tetap akan dilakukan. Karena selain untuk meningkatkan kinerja aparatur dan memperkuat jajaran pemerintahan, mutasi juga dilakukan untuk penyegaran.

Ia juga mengatakan proses mutasi yang dilakukan itu melalui banyak pertimbangan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dalam tiga bulan ke depan, bila tidak ada perubahan maka tidak tertutup kemungkinan akan dimutasi kembali.

Dari 102 orang pejabat eselon III dan IV yang dilantik, ada yang kita naikkan pangkat dan ada juga yang kita mutasi. Dalam kegiatan pelantikan juga dilantik lurah perempuan yang paling muda, jelas Ramlan.

Ramlan Nurmatias mengakui, untuk melaksanakan mutasi itu, banyak pertimbangan yang menguras pikirannya, belum lagi diterimanya pesan SMS yang beraneka macam. Namun, demi sebuah tugas dan tanggung jawab mutasi tersebut harus tetap dilakukan. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/