Home  /  Berita  /  Pendidikan

Pramuka Sekolah Islam Terpadu Sumbagut Lakukan Kemah Ukhwan di Istana Basa Pagaruyung

Pramuka Sekolah Islam Terpadu Sumbagut Lakukan Kemah Ukhwan di Istana Basa Pagaruyung
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berbaur dengan anggota pramuka. (Biro Humas Sumbar)
Sabtu, 01 Oktober 2016 06:42 WIB

TANAH DATAR - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka Kemah Ukhwah 2 Regional Sumbagut Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang dilaksanakan di Halaman Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (30/09/2016). Selain dihadiri oleh jajaran Pramuka di Sumatera Barat, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidzi serta SKPD Tanah Datar.

Dalam amanatnya, Irwan Prayitno menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta kemah dan pembina, diantaranya sebagai ajang menjalin silaturahim, melatih tangkas dan mandiri serta yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai tempat berbagai ilmu.

"Manfaatkan kegiatan positif ini sebaik-baiknya, karena banyak sekali ilmu dan manfaat yang didapat apabila diikuti dengan sungguh-sungguh," ujarnya.

Selain itu, Gubernur kembali berpesan kepada seluruh peserta agar selama mengikuti kegiatan perkemahan berperilaku baik dan mengikuti seluruh aturan yang ada disini.

"Itu secara tidak langsung akan melatih adik-adik untuk bersifat patuh, taat dan saling memghormati dan menghargai," imbaunya.

Dipenghujung amanat, Irwan Prayitno mengharapkan kepada para pembina, jikalau ada waktu setelah pelaksanaan kemah ini untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata yang lain dan tidak kalah indah.

"Keindahan ranah minang bukan hanya di Istano Basa Pagaruyung saja, tapi masih banyak yang lain, seperti jam gadang, danau maninjau dan wisata mandeh, silahkan berkunjung dan saya yakin akan dimanjakan dengan keindahannya," ajak Gubernur.

Sementera itu, Muhammad Amin selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan, perkemahan ini merupakan agenda rutin setiap 3 tahun dan sebelumnya dilaksanakan di Sibolangit, Sumatera Utara.

"Pelaksanaan perkemahan ini diikuti oleh 2.680 peserta dari pramuka penggalang," ucapnya.

Muhammad Amin juga merinci, peserta perkemahan ini bukan hanya berasal dari Sumatera Barat saja, namun berasal dari Provinsi-provinsi tetangga.

"Untuk peserta kali ini berasal dari Provinsi Aceh, Sumut, Riau, Kepri dan tentunya Sumbar sebagai tuan rumah," sebutnya. (ril)

Editor:Calva
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/