Home  /  Berita  /  Umum
Rangkaian HUT TNI ke-71

Korem 032/Wirabraja Adakan Festival Musik Tradisonal Minangkabau

Korem 032/Wirabraja Adakan Festival Musik Tradisonal Minangkabau
Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari ketika membuka acara Festival Musik Tradisional Minangkabau. (Penrem 032/Wbr)
Sabtu, 01 Oktober 2016 05:41 WIB

PADANG - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-71 tahun 2016, Korem 032/Wirabraja menggelar Festival Musik Tradisional  Minang Kabau tingkat Kabupaten/ Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini diangkat berdasarkan tema “ Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tumbuh Kembangkan Nilai-Nilai Budaya Daerah dalam Rangka Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si.  mengatakan, kegiatan festival musik tradisional Minangkabau yang digelar bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat pada budaya sendiri terutama budaya alam Minangkabau. Selain itu, untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antara masyarakat, TNI-Polri dengan pemuda, sehingga hubungan yang baik semakin terbina dan terjalin di Sumatera Barat.

Lebih lanjut dikatakan, Festival musik Minangkabau yang diadakan lebih terfokus pada perpaduan Talempong, Gendang dan alat musik tradisi lainnya, sehingga alat musik tersebut akan menjadi suatu paduan musik yang indah dan enak didengar.

Ads

Ia berharap kegiatan festival tersebut hendaknya dapat membendung pengaruh musik luar yang tanpa sadar akan mengikis kecintaan masayarakat kepada musik tradisional yang sudah membudaya di daerah Minangkabau dan juga dapat menambahkan kecintaan kepada tanah air Indonesia yang penuh ragam budaya yang mengajak kita untuk bersatu dalam perbedaan menuju Indonesia Jaya.

"Festival musik ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan seni budaya Minangkabau kepada generasi penerus,” ungkapnya, Rabu (28/9).

Disebutkan dalam sambutannya, ia mengajak seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk bisa menjadikan festival ini sebagai momentum terbaik dalam pembinaan seni budaya dan sarana hiburan, yang dapat menumbuhkan rasa memiliki akan keberadaan budaya tradisional.

Harapannya, semoga festival tersebut hendaknya terus digelar secara berkesinambungan dan dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik festival ini untuk selanjutnya. “Mari sama-sama kita sukseskan festival musik tradisional ini,” tukasnya.

Sementara panitia pelaksana Kasi Teritorial Korem 032/Wirabraja Letkol Inf Muhammad Asep Afandi menyebutkan, berdasarkan perencanaan kegiatan festival musik tradisional akan diikuti oleh 19 Tim yang berasal dari kalangan pelajar. Namun, yang mendaftarkan diri hanya 16 Tim.

 “Tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat semua pihak penyelenggara festival untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Penrem 032/Wirabraja)

wwwwww