Home >  Berita >  Padang

Pemko Padang Minta Warga Naikkan Bendera Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Pemko Padang Minta Warga Naikkan Bendera Peringati Hari Kesaktian Pancasila
Ilustrasi
Jum'at, 30 September 2016 13:59 WIB

PADANG - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Padang Vidal Triza mengimbau kepada instansi, sekolah, kampus, serta seluruh warga Kota Padang untuk menaikkan bendera merah putih pada Hari Kesaktian Pancasila 2016. Ini sejalan dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat kepada seluruh bupati dan walikota se-Sumbar untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2016.

"Seluruh instansi, sekolah, serta masyarakat Kota Padang wajib menaikkan bendera merah putih untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila," sebut Vidal Triza, Kamis (29/9/2016).

Bendera merah putih dinaikkan setengah tiang pada Jumat (30/9) sebagai bentuk penghormatan gugurnya pahlawan revolusi. Setelah itu esoknya, pada Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10), bendera merah putih dinaikkan setiang penuh.

"Bendera dikibarkan sejak terbit matahari hingga terbenam matahari," terang Vidal.

Selain itu, seluruh instansi dan sekolah juga diwajibkan memasang spanduk. Spanduk itu bertema khusus Hari Kesaktian Pancasila. Tema spanduk tersebut yakni

"Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila".

Dalam Surat Edaran Gubernur Sumbar bernomor 003/817/Umum-2016, tanggal 29 September 2016 itu, seluruh instansi, sekolah dan lainnya diwajibkan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10) pukul 08.00 Wib. Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat.

"Pemko Padang akan melaksanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2016 pada Sabtu (1/10) bertempat di pelataran parkir GOR H. Agus Salim," ungkap Vidal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan televisi swasta lokal untuk memutar kembali film G30S/PKI. Hal ini sesuai dengan arahan Walikota Padang untuk memutar kembali film tersebut. "Kita bekerjasama dengan Padang TV yang akan memutar film tersebut pada Jumat (30/9) malam pukul 20.00 Wib. Film tersebut akan diresensi oleh seluruh siswa sekolah," ujarnya. (Charlie/Mursalim)

Editor : Calva
Kategori : Padang, GoNews Group, Lingkungan, Umum

Loading...
www www