Home  /  Berita  /  Ekonomi

Cara Mudah Instalasi GPS Navigasi Untuk Motor Yang Bisa Anda Lakukan

Cara Mudah Instalasi GPS Navigasi Untuk Motor Yang Bisa Anda Lakukan
Rabu, 28 September 2016 10:15 WIB
KEAMANAN memang menjadi salah satu kebutuhan yang paling utama bagi manusia. Selain untuk diri sendiri, keamanan juga hal yang sangat penting untuk barang-barang yang memiliki harga yang lumayan tinggi, salah satunya ialah sepeda motor. Selain memberi kunci tambahan, kini ada lagi teknologi yang bisa menjaga keamanan motor anda, yakni dengan menggunakan GPS.

Tidak hanya sebagai GPS Navigasi untuk menunjukkan arah suatu tempat yang akan anda tuju, GPS juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan motor anda pada saat-saat darurat. Itu sebabnya, tidak ada salahnya anda membeli GPS untuk motor dalam waktu dekat ini.

Yang menjadi masalah kini, tidak semua orang memahami dengan benar bagaimana memasang alias meng-install GPS untuk motor ini, sehingga pada akhirnya banyak yang mengeluhkan bahwa GPS Navigasi atau tracker ini tidak bisa bekerja dengan optimal. nah, agar anda tidak mengalami masalah serupa, sebaiknya anda menyimak terlebih dahulu cara instalasi GPS untuk motor anda di bawah ini :

Memasang Kartu

GPS Navigasi tidak akan bisa bekerja jika tidak ada akses internet di dalamnya, itu sebabnya anda harus memasang kartu SIM terlebih dahulu. Biasanya kartu SIM yang  sudah  kompatibel dengan GPS untuk motor ialah GSM, jadi siapkan saja kartu GSM. Baca juga: Bicara Kalender Event, Banyuwangi Adalah Contoh Sukses Implementasi Go Digital

Ketika memasang kartu sim tersebut, pastikan hingga anda mendengar suara klik, karena hal ini menandakan bahwa kartu SIM sudah terpasang dengan tepat. Tips tambahan untuk anda sebaiknya memilih kartu GSM yang memiliki sinyal internet bagus, sehingga internet bisa berjalan dengan baik.

Memasang Di Area Tertentu

Yang juga harus ada ketahui mengenai GPS untuk motor ialah perangkat ini merupakan perangkat tersembunyi, maka pasanglah pada tempat yang lumayan tersembunyi juga.

Karena percuma jika anda sudah memasang GPS Navigasi atau GPS untuk motor namun orang yang akan mencuri motor anda mengetahui dengan mudah, dang langsung membuangnya begitu saja.  

Memastikan Pemasangannya

Jika anda sudah memasang GPS untuk motor pada area yang tidak terlalu terlihat, barulah pastikan bahwa pemasangan itu sudah tepat dan melekat dengan erat. Hal ini untuk mencegah GPS akan jatuh ketika anda sedang mengendarai sepeda motor anda.

Tips tambahan yang juga sebaiknya anda lakukan ialah memilih perekat yang warnanya gelap dan tidak terlalu mencolok. Sekali lagi hal ini untuk menghindari orang lain mengetahui posisi keberadaan GPS untuk motor milik anda.

Mengetahui Antena GPS

Pada GPS untuk motor, ada terdapat dua buah antena yakni antena GSM dan antena GPS. Pastikan bahwa posisi antena ini sudah benar-benar tepat, karena akan menentukan posisi ketika anda akan melakukan tracking  nantinya.

Yang harus anda ketahui, kedua antena tersebutlah yang berfungsi untuk mengirimkan pelacak posisi dan sinyal nantinya. Sehingga bisa dikatakan bahwa antena ini merupakan bagian yang paling penting pada GPS.

Tempat Memasang GPS

Hal terakhir yang harus anda ketahui ketika melakukan instalasi GPS untuk motor anda ialah penempatan GPS anda. beberapa tempat yang paling direkomendasikan ialah dashboard motor atau bagasi motor anda. sekali lagi, anda harus pintar menyembunyikannya.

Pastikan juga bahwa kekuatan sinyal pada ponsel anda sama dengan kartu GSM yang ada pada GPS anda. Jika sinyalnya baik, maka tentu saja proses tracking nantinya akan berjalan dengan jauh lebih baik pula.

Nah, jika sudah mengetahui cara instalasi GPS untuk motor ini, maka seharusnya sudah tidak ada lagi masalah yang perlu anda perhatikan. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/