PON XIX Jawa Barat 2016

Cabor Silat, Sumbar Belum Tertandingi, 6 Medali Disikat Habis

Cabor Silat, Sumbar Belum Tertandingi, 6 Medali Disikat Habis
Pesilat Sumbar saat bertanding. (foto: istimewa)
Selasa, 27 September 2016 01:06 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
BANDUNG - Pesilat Sumbar panen medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Bandung, Jawa Barat. Cabang olahraga Pencak Silat menyumbangkan enam medali untuk kontingen Sumatera Barat, dengan rincian dua medali emas, dua perak dan dua perunggu.

Medali emas per­ta­ma di cabang Silat disumbangkan  Anton Yuspermana di nomor laga kelas H putra setelah di babak final mengalahkan pesilat tuan rumah Jawa Barat dengan skor 5-0. Emas kedua disumbangkan Cory Mitha Kurnia di nomor laga kelas A putri. Medali emas yang dida­patkan Cory setelah melakukan protes dan kemudian panitia memutuskan medali emas bersa­ma dengan pesilat Jawa Tengah.

 "Cory sempat dijatuhkan saat waktu habis di babak akhir. Juri memutuskan untuk tidak mem­berikan poin ke pesilat Jateng. Namun ketua pertandingan me­manggil juri dan memberikan poin kepada Jateng. Lalu Cory dinyatakan kalah dengan skor 2-3," ujar pelatih pencak silat Sumbar, Zalmi.

Sementara dua medali perak disumbangkan Syahripal Efendi di nomor laga kelas B putra yang kalah dari atlet DKI Jakarta di babak final Sabtu (24/9). Syahripal kalah dengan skor 1-4 dan mengalami cidera sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. "Sebelum pertandingan dia sudah mengeluh cedera tangan. Namun dia memaksakan untuk bertan­ding dan akhirnya bertambah parah dan dilarikan ke rumah sakit," tuturnya.

Satu perak lagi disumbangkan Suci Wulandari di nomor laga kelas B putrid. Suci kalah dari pesilat Jawa Barat dengan skor 5-0 dalam partai final yang digelar Minggu (25/9). Dua medali perunggu disumbangkan Rengga di nomor laga kelas D putra dan Khalil Ahmad di nomor laga kelas C putra yang kalah di babak semifinal. ***

wwwwww