Home  /  Berita  /  GoNews Group
Pilkada Kepulauan Mentawai

Senin Ini Dua Pasangan Calon Cek Kesehatan di Padang, Yudas Optimis Bisa Lanjutkan Pembangunan di Mentawai

Senin Ini Dua Pasangan Calon Cek Kesehatan di Padang, Yudas Optimis Bisa Lanjutkan Pembangunan di Mentawai
Pasangan Yudas-Kortanius diarak menuju Kantor KPU Kepulauan Mentawai di Tuapejat.
Senin, 26 September 2016 17:59 WIB

PADANG - Kedua pasangan calon (Paslon) yang sudah mendaftar di KPU Kepulauan Mentawai, Senin (26/9/2016) melakukan cek kesehatan di ruang Poliklinik Ambun Pagi, RSUP M. Djamil Padang. Kedua pasang calon tampak mengikuti semua rangkaian.

Pasangan Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleakek sudah datang sejak pukul 07.00 WIB tadi pagi. Sedangkan pasangan Rijel Samaloisa dan Binsar Saleleubaja datang sekitar pukul 10.56 WIB. Rijel datang terlambat disebabkan jadwal keberangkatan kapal dari Mentawai ke Padang.

Sedangkan dalam kesempatan jumpa pers di Tua Peijat usai mendaftar di KPU, Yudas menegaskn akan melanjutkan program pembangunan di Mentawai yang sudah dilakukan selama periode pertama yang dulu berpasangan dengan Rijel.

"Begini, periode pertama saya, sampai tahun ke tiga, itu masih belajar dalam melakukan pembangunan di Mentawai. Dan kita sudah menemukan kendala sekaligus rumus dalam membangun Mentawai. Namun di periode ke dua ini, kita tidak akan belajar lagi. Begitu terpilih dan dilantik, kita akan langsung bekerja dan tidak perlu belajar lagi," yakin Yudas yang disambut riuh tepuk tangan pendukungnya.

Yudas sendiri masih enggan membeberkan visi dan misinya untuk kembali mencalonkan diri sebagai bupati periode kedua. Sebab, membeberkan visi dan misinya ada waktunya yang sudah diatur oleh KPU.

"Maaf dan terus terang. Kami belum bisa membeberkan visi dan misi. Sebab ada aturan dari KPU. Maka kita ikuti proses tahapan KPU. Dan pada tahap pembahasan visi dan misi, akan kami sampaikan secara terbuka, khususnya melalui media massa," janji Yudas.

Sebelumnya, jejak politik terbaca, bahwa Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional akan mengusung calon sendiri. Namun pada detik-detik yang menentukan, justru mendukung pasangan Yudas-Kortanius. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC Gerindra, Anom Suheri menyatakan, dari awal pihaknya sudah menjalin komunikasi politik dengan beberapa partai. Bahkan sejak pembukaan pendaftaran bakal calon, ada tiga pasang yang mendaftar. Dari tiga pasangan calon itu, dikirim ke DPP Gerindra untuk mendapat rekomendasi dukungan.

"Partai Gerindra dan PAN pada dasarnya tidak bisa mengusung calon karena memang persentase kursi di DPRD tidak mencukupi. Maka kita membuka dan menjalin komunikasi politik dengan partai lainnya. Hasilnya, pihak DPP Gerindra merekomendasikan untuk mendukung pasangan Yudas-Kortanius," jelasnya.

Menurut Anom Suheri, DPP Gerindra memberikan dukungannya pada pasangan Yudas-Kortanius setelah dilakukannya verifikasi dan penilaian. Sebab Partai Gerindra menilai pasangan yang memang memiliki kapasitas serta komitmen calon itu sendiri untuk membangun Mentawai.

"Terus terang, banyak yang akan mencalonkan diri sebagai bupati. Namun tentu kita akan melakukan penilaian. Di internal Partai Gerindra sendiri, justru saya yang dicalonkan sebagai bupati pada pilkada 2017 nanti. Namun dan semua calon itu tentu kita akan lakukan verifikasi dan penilaian. Maka yang baik dan memiliki kapasitas dan komitmen itu pasangan Yudas-Kortanius. Maaf, buka calon lainnya tidak baik. Tapi menurut Partai Gerindra, hasil penilaian internal, pasangan Yudas-Kortanius cukup mumpuni dan memiliki kapasitas," ujarnya.

Senada disampaikan Ketua DPC PAN Mentawai pada kesempatan yang sama, bahwa dari awal pihaknya juga melkukan tahapan penerimaan pendaftaran bakal calon bupati. Pada puncaknya, nama bakal calon bupati yang mendaftar di PAN dikirim ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi dukungan. Hasilnya, rekomendasi itu mendukung pasangan Yudas-Kortanius.

"Artinya kita juga melakukan verifikasi, penilaian, serta menjalin komunikasi politik dari awal dengan partai politik lainnya," katanya. (Rhs)

wwwwww