Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
13 jam yang lalu
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
2
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
Olahraga
8 jam yang lalu
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
3
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
Olahraga
6 jam yang lalu
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
4
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
Sepakbola
6 jam yang lalu
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
5
UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2027
Olahraga
1 jam yang lalu
UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2027
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Wako Riza Falepi Kukuhkan KAN Payobasung

Wako Riza Falepi Kukuhkan KAN Payobasung
Walikota Riza Falepi kukuhkan KAN Payobasung(bdn)
Sabtu, 17 September 2016 05:25 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi,  mengukuhkan kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasuang, periode 2016-2021 Kecamatan Payakumbuh Timur,  yang sebelumnya resmi terbentuk  sebelum puasa lalu.

Walikota Riza Falepi berharap, keberadaan KAN Payobasung ini,  akan menjadi wadah bagi ninik mamak dan para pemangku adat dalam membina, mengayomi dan menyelesaikan urusan anak kemenakan, baik dalam kaumnya terlebih antar kaum ditengah masyarakat.
 
Pengukuhan KAN Payobasung itu berlangsung di halaman kantor KAN setempat, Rabu (14/9). Sejalan dengan pengukuhan Bundo Kanduang Payobasung untuk periode yang sama. Dalam acara pengukuhan tersebut, juga hadir Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, anggota Forkopimda, asisten setdako, pimpinan SKPD serta Ketua LKAAM W. Dt. Dt. Paduko Basa Marajo,  pengurus KAN dari lima kecamatan, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinaldi,  anggota DPRD Dapil Payakumbuh Timur Fitrial Bahri, Nasrul, sejumlah tokoh masyarakat, dan  undangan lainnya.
 
Walikota Riza Falepi, mengapresiasi langkah para ninik mamak  yang cukup demokratis dalam memelih kepengurusan KAN setempat. Musyawarah mufakat masih dijunjung tinggi para tokoh adat Payobasung dalam menetapkan pimpinan KAN. Sistem demokrasi yang mengakar dalam kebudayaan anak nagari Payobasung itu, perlu diteladani dan menjadi panutan oleh organisasi kemasyarakatan lainnya.
 
Walikota  mengatakan, eksistensi KAN menunjukkan bahwa masyarakat Payakumbuh  masih menjunjung nilai luhur Minangkabau dengan falsafah “Adat Basandi Syara – Syara Basandi Kitabullah”.  Harapan walikota,  dengan semangat kebersamaan itu, akan terbangun sinergisitas dalam mendukung pembangunan antara seluruh pengurus KAN, masyarakat dan pemko, tutur walikota.
 
Mantan Ketua KAN Payobasung W. Dt. Paduko Basa Marajo yang kini sudah menjabat Ketua LKAAM Payakumbuh, mengungkapkan, terbentuknya KAN Payobasung didorong oleh semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi oleh anak nagari Payobasung. Sama dengan walikota, Dt. Paduko Basa Marajo mengatakan, terbetuknya KAN Payobasung akan berdampak kepada  marwah anak nagari yang dapat difasilitasi pengurus dalam membangun Payobasung ke depan.
 
Ketua KAN Payobasuang yang baru Erfan Joni Dt.Tan Mamat Nan Kayo menyebutkan akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan mari kita bersatu saling bersinergi dan tingkatkan partisipasi dalam membangun nagari sekaligus kita perbaiki nagari ko supaya menjadi elok, ujarnya.
 
Berikut Pengurus KAN Payobasung yang di kukuhkan itu Ketua Umum Erfan Joni Dt.Tan Mamat Nan Kayo, Ketua I, II, III dan IV masing-masing Roza Irwandi, SE Dt.Nagari Basa Nan Hitam, Ahmad Imanto Dt.Rajo Malikan Nan Kuniang, Abizar Dt.Majo Nan Hitam, Syamsul Bahri Dt.Mangun Nan Mudo, Sekretaris Defino Putra Dt.Marajo Dirajo Nan Panjang, Wakil Sekretaris ardianis Dt.Marajo Kakondo, Bendahara Ir.Ishardi Jamhur serta dilengkapi 4 bidang.
 
Pengurus Bundo Kanduang Ketua Misteti, Wakil Ketua I, II dan III masing-masing Dra.Ferdayeti Albakh, Yusmalinar, Dra.Yetti Filyana, Sekretaris Rismaini, Wakil Sekretaris Silvia Rijan, Bendahara Yetti.L dan dilengkapi 3 seksinya.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/