Perkuat Sektor Pertanian, Wabup Pesisir Selatan Bersama Petani Lakukan Panen Perdana Bawang Merah

Perkuat Sektor Pertanian, Wabup Pesisir Selatan Bersama Petani Lakukan Panen Perdana Bawang Merah
Suasana panen perdana bawang merah di Batang Kapas Pesisir Selatan. (Humas)
Kamis, 15 September 2016 06:40 WIB

BATANG KAPAS - Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, melakukan panen perdana bawang merah yang dilaksanakan di kampung anakan Nagari Koto Nan Duo Kec.Batang Kapas, Rabu (14/9/2016).

Dalam sambutannya wabup, sektor pertanian merupakan faktor penting, karena lebih kurang 55% penduduk Pesisir Selatan bergerak dibidang pertanian. Makanya sektor pertanian merupakan prioritas bagi pemerintah daerah kabupaten Pesisir Selatan.

Terkait dengan bawang merah kita akan terus tingkatkan produktifitasnya mengingat harganya yang begitu mudah naiknya, sementara fungsinya tidak dapat tergantikan dengan komoditi lainnya.

Berkaitan dengan anggaran kita mendapatkan cukup banyak dari APBD Povinsi dan ditambah dengan APBD Kabupaten, saya juga berharap kepada SKPD terkait harus bisa mencari program pemerintah pusat agar dapat dirasakan oleh petani didaerah kita, ujar Rusma Yul Anwar.

Kedepannya selain bawang merah kita juga akan mengembangkan dan tingkatkan tanaman cabe, serta pemerintah akan berkomitmen serta harus mampu memenuhi kebutuhan sendiri, atau berswasembada untuk komoditas bawang merah dan cabe.

Harapan kita bagaimana Pesisir Selatan menjadi sentra untuk kedua komoditi bawang merah dan Cabe. Serta Pemkab akan mendukung kebijakan pusat bahwa pengembangan suatu komoditi bersifat kawasan sehingga terjadinya peningkatan produksi yang signifikan.

Terakhir kepada kelompok tani yang menanam bawang merah di lahan ini, tidak hanya sekali panen tapi harus berkelanjutan, serta pengurus kelompok tani bersama anggota berkomitmen untuk melanjutkan usaha tanaman bawang merah disini, harapnya.

Pada panen perdana tersebut juga dihadiri oleh Kajari Painan, kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Perkebunan, Camat, unsur Muspika, Wali Nagari, kelompok Tani Hamparan Jaya dan tokoh masyarakat. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Pesisir Selatan

wwwwww