Home >  Berita >  Bukittinggi

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di Bukittinggi

Besok, Puluhan Relawan Pengajar Kelas Inspirasi akan Hadir di 5 Sekolah Dasar di  Bukittinggi
Para Relawan Pengajar Kelas Inspirasi usai mengadakan Briefing persiapan Kelas Inspirasi, Sabtu 3 September 2016.
Minggu, 04 September 2016 16:03 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI - Guna meningkatkan kualitas pendidikan generasi bangsa, berbagai upaya terus dilakukan oleh para relawan dan pemerhati dunia pendidikan. Salah satu upaya itu adalah dengan menghadirkan Kelas Inspirasi di sekolah.

Besok, Senin 5 September 2016, para relawan pemerhati dunia pendidikan tersebut akan hadir di Bukittinggi.

Diantara sekolah yang akan dikunjungi oleh para relawan besok antara lain, SD 04 Birugo, SD 04 Bukit Apit, SD 08 Kubu Tanjuang, SD 08 Tarok Dipo dan SD 06 Pulai.

Sebanyak 42 orang inspirator profesional, 9 dokumentator akan langsung mendokumentasikan kegiatan di sekolah - sekolah tersebut. Para inspirator itu berasal dari beberapa daerah seperti Palembang, Jambi, Jakarta, Jogja, Bandung, Padang, Bukittinggi, dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Saat ini, mereka sudah hadir di Kota Bukittinggi, ungkap Gema Ramadhan Handri, salah seorang penggagas kegiatan Kelas Inspirasi di Bukittinggi pada GoSumbar, Minggu 4 September 2016.

Ads
"Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi," terang Gema.

Gema juga menuturkan, para profesional ini yang biasa juga disebut relawan pengajar berinteraksi di sekolah untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja dan memberi motivasi untuk meraih cita-cita bagi para siswa.

Interaksi relawan pengajar dengan warga sekolah dilakukan untuk membuka ruang komunikasi dan kolaborasi antar keduanya melalui pengalaman mengunjungi, dan mengajar, dan berinteraksi selama hari inspirasi termasuk masa persiapannya.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kota Bukittinggi mensupport kegiatan, Kelas Inspirasi Bukittinggi yang di gawangi oleh relawan - relawan muda. Baik putra - putri daerah ataupun dari luar daerah seperti dari Batusangkar, Payakumbuh, Pasaman, Dharmasraya," jelas Gema.

Para relawan inspirator dan dokumentator itu membiayai secara mandiri untuk transport, konsumsi dan penginapan mereka. Selain itu, para relawan juga bersedia cuti bekerja selama satu hari, tanpa di bayar dan membayar apapun, pungkasnya.(**)
loading...
www www