Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Bahas Perubahan APBD, DPRD Dharmasraya Rapat Paripurna Hingga Hari Minggu

Bahas Perubahan APBD, DPRD Dharmasraya Rapat Paripurna Hingga Hari Minggu
Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Dharmasraya.
Senin, 29 Agustus 2016 10:27 WIB
Penulis: Eko Pangestu

DHARMASRAYA - Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2016 diprediksi bakal mengalami kenaikan. Pasalnya, dalam PPAS yang ditetapkan bersama DPRD, Ahad 28 Agustus 2016 naik sebesar hampir Rp 40 miliar, dimana sebelum perubahan sebesar Rp 942 miliar lebih dan pada perubahan mendatang dinaikkan sebesar Rp 983 miliar lebih. Keputusan untuk menaikkan anggaran pada perubahan APBD 2016 dalam rangka mengakomodir kebutuhan daerah dan pendapatan daerah.

Dihadapan Ketua DPRD H. Masrul Maas, Wakil Ketua St. Budi Sanjoyo dan Ampera Dt. Labuan, penambahan pendapatan, menurut Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, terjadi pada penambahan alokasi DAK dan penerimaan pajak lepas pantai. Sementara kebutuhan daerah mengalami peningkatan di sektor pendidikan dan pengembangan infrastruktur daerah. Oleh sebab itu, perubahan APBD 2016 akan dimanfaatkan seefektif mungkin dalam rangka mewujudkan visi dan misi bupati.

"Pada prinsipnya, perubahan APBD itu dalam rangka mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dalam penetapan pagu anggaran sementara (PPAS), SKPD yang mengalami peningkatan anggaran antara lain Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Dinas yang dipimpin Prih Handoko itu mengalami peningkatan anggaran sebesar Rp 14 miliar lebih. Dinas lain yang juga mengalami peningkatan anggaran cukup signifikan adalah Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Dinas yang dikomandani Darisman ini mengalami kenaikan anggaran sebesar Rp 4 miliar lebih. Sementara tidak sedikit SKPD yang justeru mengalami penurunan anggaran, seperti Disnakkan, Bappeda dan sejumlah SKPD lainnya. "Tergantung dari prioritas daerah dan sumber-sumber pendapatan yang kita peroleh," tambah bupati berdarah biru itu. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/