Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Warga Harau Minta Perbaikan Infrastuktur dan Percepatan Pengembangan Wisata

Warga Harau Minta Perbaikan Infrastuktur dan Percepatan Pengembangan Wisata
Warga Harau Minta Perbaikan Infrastuktur dan Percepatan Pengembangan Wisata. (humas)
Jum'at, 26 Agustus 2016 11:51 WIB
Penulis: Tri nanda

LIMAPULUH KOTA--Masyarakat Nagari Harau, Kecamatan Harau mengharapkan Pemkab Limapuluh Kota, mengupayaan perbaikan kondisi infrastuktur seperti jalan dan fasilitas lain sebagai penunjang kawasan pariwisata, yang telah menjadi program kepala daerah kedepan. Sebab, sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional, Harau saat ini masih tercatat dalam kategori desa tertinggal.

Harapan tersebut disampaikan sejumlah tokoh masyarakat Nagari Harau, Kecamatan Harau, kepada Wakil Bupati Ferizal Ridwan, saat menghadiri acara pisah sambut wali nagari Harau di kantor wali nagari setempat, Rabu (24/8). Pisah sambut itu turut dihadiri Camat Harau, Deki Yusman, hingga jajaran Muspika.

"Sebagai daerah tujuan pariwisata di daerah ini, kami sangat mengharapkan Pemkab dibawah kepemimpinan Bapak Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan, dapat segera membenahi kondisi infrastuktur kami. Mulai dari jalan hingga fasilitas umum lainnya," kata Tokoh masyarakat Harau, Muhammad B, dalam sambutannya. 

Menurut Muhammad B, kondisi ruas jalan kabupaten di Harau masih banyak yang rusak bahkan masih ada yang berstruktur tanah. Dia juga meminta Pemkab mempercepat pembangunan jalan penghubung dari Ulu Aia ke Jorong Landai dan Jorong Harau. Sebab, jika akses penghubung tiga jorong itu dibangun, katanya, akan memberi dampak positif bagi pengembangan pariwisata dan pertanian di Harau.    

Wali Nagari Harau, Syukri Andi dalam sambutannya berharap, Pemkab bisa mendorong percepatan pengembangan kawasan pariwisata, mengingat bakal dijadikannya kawasan Nagari Harau sebagai salah satu destinasi wisata Sumatera Barat. "Kita bercita-cita, bagaimana Harau nanti benar-benar bisa menjadi daerah tujuan kunjungan wisata di Limapuluh Kota," ungkap Wali Nagari Harau, Syukri Andi. 

Selain puluhan tokoh masyarakat, pisah sambut antara Pjs Wali Nagari yang lama, Firdaus, dengan Wali Nagari yang terpilih, Syukri Andi, turut dihadiri oleh wali nagari se Kecamatan Harau. Tak ketinggalan tokoh masyarakat Kecamatan Harau yang juga sekretaris Partai PKB, Mai Nanda.   

Mendengar harapan para tokoh masyarakat, Wakil Bupati Ferizal Ridwan, mengaku akan menindaklanjutinya. Pemkab, katanya, serius ingin melakukan pengembangan kawasan destinasi wisata Harau sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata ke Limapuluh Kota. "Bahkan didalam visi-misi dan RPJMD kita kedepan, sudah dimasukkan, program Harau Menuju Dunia," sebut Ferizal. 

Sebab, menurut Ferizal, selama ini orang-orang dari daerah lain ditingkat nasional hingga ke mancanegara, lebih mengenal nama Harau ketimbang nama Limapuluh Kota. Harau, sebutnya, juga sudah dicantumkan kedalam Perda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah, guna mengakomodir setiap program yang bersumber dari APBD daerah Limapuluh Kota, provinsi atau APBN dipusat.  

Wabup Ferizal juga mengaku, sudah melakukan beberapa kali pembahasan dengan stake holder terkait hingga pihak provinsi terhadap rencana program pengembangan pariwisata. Dia berharap, masyarakat Harau nantinya juga bisa mendukung penuh, setiap program wisata yang akan berjalan. 

"Termasuk kompetensi seni-budaya yang akan kita gerakkan melalui program kegiatan pendidikan. Seperti gerakan bahasa inggris gratis untuk semua. Bagaimana pun, nilai jual pariwisata di suatu daerah tentunya harus dimulai dari masyarakat, bagaimana potensi seperti seni-budayanya, kuliner atau obyek lain yang menjadi minat kunjungan wisatawan," tutur Ferizal.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Pemerintahan, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/