Home  /  Berita  /  Umum

Puluhan Petani Ikuti Upacara Bendera di Istana Rakyat Selaras Alam Agam

Puluhan Petani Ikuti Upacara Bendera di Istana Rakyat Selaras Alam Agam
Puluhan petani dan masyarakat mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI ke 71 di Istana Rakyat Selaras Alam, Lasi, Agam, Rabu 17 Agustus 2016.
Rabu, 17 Agustus 2016 14:49 WIB
Penulis: jontra
AGAM - Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT - RI) ke 71, puluhan petani dan masyarakat Lasi, Kabupaten Agam mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, Rabu 17 Agustus 2016.

Tak berbeda dengan upacara formal yang dilakukan oleh pemerintah, upacara ini juga memakai komandan serta inspektur upacara. Rangkaian upacarapun juga dilakukan seperti upacara pada lazimnya.

Perbedaannya hanya dari segi pakaian. Jika upacara yang dilaksanakan pemerintah semua pesertanya berpakaian seragam, namun peserta upacara di Istana Rakyat ini mengenakan pakaian sehari-hari. Bahkan para petani menggunakan topi caping saat mengikuti upacara tersebut.

Selain itu, ada hal berbeda yang tampak dalam upacara ini. Jika upacara yang dilakukan pemerintah menggunakan sirine kendaraan menjelang detik-detik proklamasi, namun upacara yang digelar masyarakat setempat ini hanya menggunakan sejumlah pentungan, yang dipukul secara bersamaan. Meski demikian, prosesi pengibaran bendera merah putih ini tetap tampak khidmat.

Kepala Kaum Istana Rakyat Selaras Alam, Suardi Mahmud mengatakan, upacara peringatan HUT RI ini telah beberapa kali dilakukan di Istana Rakyat. Hanya saja baru dua tahun belakangan ini upacara diikuti oleh banyak orang.

“Pada dasarnya, upacara ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai - nilai sejarah perjuangan bangsa. Dalam perjuangan tersebut ada jutaan rakyat yang menjadi andil dalam membangun bangsa dan tanah air. Jika seorang pekerja seperti petani, mereka harus sungguh-sungguh bertani dan bisa menjadi warga negara yang benar, serta mampu menjunjung tinggi nilai budaya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(**)

Kategori:Agam, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/