Home  /  Berita  /  Umum

Panen Padi di Payakumbuh Naik Signifikan

Panen Padi di Payakumbuh Naik Signifikan
Walikota Riza Falepi Panen Padi Raya DEM AREA
Senin, 15 Agustus 2016 13:04 WIB
Penulis: Bayu de Nura

PAYAKUMBUH--Kebahagiaan terpancar diwajah puluhan petani anggota Kelompok Tani Tunas Mekar Kelurahan Payobasung, Payakumbuh Timur. Panen padi mereka naik signifikan, dari kondisi awal 5 ton/hektar, menjadi 7,4 ton/hektar. Sentuhan tekhnologi, dengan pemakaian unsur hara Nutrimas sebagai media pemurnian tanah membuat produksi meningkat tajam.

“Kami telah membuktikan, kalau sentuhan Nutrimas telah membawa berkah bagi Keltan Tunas Mekar. Kami akan ajak seluruh petani lainnya, khususnya di Payobasung menggunakan Nutrimas,” kata Ketua Keltan Almuhar Fahmi  Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (12/8).

 

Dibimbing Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh, Keltan Tunas Mekar membuat program  Dem Area Padi, diatas lahan seluas 30 hektar. Saat dilakukan panen raya, langsung dilakukan Walikota H. Riza Falepi bersama Kadis Tanaman Pangan Zulinda Kamal, Penyuluh Wilayah Binaan Eni Kurniati dan Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi, ternyata hasilnya diluar dugaan petani anggota keltan. Semuanya, memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan dimaksud, ulas Almuhar.

 

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Zurlinda, hasil panen dimaksud akan lebih besar lagi, jika asupan air ke keltan mencukupi. Tapi, karena ada perbaikan irigasi ke sawah setempat, membuat hasilnya masih belum maksimal. Menurut Zurlinda, jika air tak terkendala, kemungkinan program Dem Area itu akan lebih tinggi lagi hasilnya.

 

Dikatakan, kita sudah diperintahkan Walikota Riza Falepi, untuk terus melakukan program yang sama, dengan penerapan teknologi pertanian ini. Bukan hanya di Payobasung saja, melainkan buat seluruh kecamatan. Sehingga Payakumbuh mampu menaikkan produksi menjadi 10 ton/hektar. “InsyaAllah mimpi walikota itu akan dapat dipenuhi jajaran dinas pertanian,” tegas Zurlinda.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Payakumbuh, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/