Home >  Berita >  Umum

Calon Haji Kota Padang Panjang Dilepas 15 Agustus ke Tanah Suci

Calon Haji Kota Padang Panjang Dilepas 15 Agustus ke Tanah Suci
Calon Haji ketika menaiki tangga pesawat. (Ilustrasi)
Jum'at, 12 Agustus 2016 15:52 WIB

PADANG PANJANG - Calon haji yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, sudah dinyatakan siap untuk berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan salah satu rukun Islam itu 2016. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Padang Panjang Syaiful Arifin di Padang Panjang, Kamis (11/8/2016)., menyebutkan, secara keseluruhan calon haji sudah dinyatakan siap untuk berangkat ke tanah suci Mekkah. 

Kesiapan itu, tambahnya setelah calon haji menyelesaikan rangkaian demi rangkaian persiapan menuju tanah suci, baik itu uang, pelatihan manasik maupun kesehatan.
"Terakhir persiapan manasik di tingkat kecamatan yang berakhir hari ini," ujarnya.

Sebagai bentuk kesiapan dari calon haji itu jelasnya, pemkot Padang Panjang akan melepas secara resmi keberangkatan calon haji ke embarkasi Padang di aula Balai Kota setempat, Senin 15 Agustus 2016.

Setelah pelepasan secara resmi, para calon haji itu akan mempersiapkan barang bawaan untuk di kirim melalui PT Pos Indonesia Padang Panjang yang juga difasilitasi oleh pemerintah setempat.

Sebelum berangkat menunaikan salah satu rukun Islam itu, calon haji asal Padang Panjang melakukan berbagai persiapan, mulai dari cek kesehatan, manasik, melunasi Ongkos Naik Haji (ONH), paspor dan lainnya sebagainya.

Untuk cek kesehatan katanya, sudah dilakukan beberapa kali bersama Dinas Kesehatan Padang Panjang dan terakhir pemberian vaksin meningitis.

Sedangkan untuk ONH, seluruh caloh haji sudah melunasinya ke perbankan tempat dimana calon haji menyetorkan dana awal keberangkatan.

Calon haji Padang Panjang sendiri berjumlah 168 orang yang direncanakan berangkat ke embarkasi Padang 19 Agustus 2016 dan ke tanah suci Mekah 20 Agustus 2016 gelombang I dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) VIII.

"Calon haji Padang Panjang akan bergabung dengan Kota Padang dan Kabupaten Tanah datar. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang," sebutnya.

Pemkot Padang Panjang pada musim haji tahun ini memberikan bantuan biaya domestik untuk para calon haji daerah itu sebagai bentuk perhatian kepada masyarakatnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Padang Panjang, Eri mengatakan dengan adanya bantuan itu, setidaknya sudah bisa sedikit meringankan beban calon haji dari segi finansial, meski nilainya tidak seberapa.

Bantuan domestik yang diberikan oleh Pemkot Padang Panjang itu, jelas dia, berupa transportasi dan pengiriman barang melalui PT Pos Indonesia.


"Kami sudah menyiapkan sebanyak empat bus dan pengiriman barang melalui jasa PT Pos Indonesia yang ada di Padang Panjang," ujarnya. (humas)

Editor : Calva
Kategori : Umum, GoNews Group, Padangpanjang

Loading...
www www