Home  /  Berita  /  Umum

'Silek Lanyah' Jadi Wisata Fotografi Wisatawan di Kota Padang Panjang

Silek Lanyah Jadi Wisata Fotografi Wisatawan di Kota Padang Panjang
Para fotografer sedang mengabadikan atraksi 'Silek Lanyah' di Kota Padang Panjang. (Humas)
Minggu, 24 Juli 2016 07:14 WIB

PADANG PANJANG - Banyak aliran silat yang ada di Minangkabau, ada kumango, lintau, sitaralak, sungai patai, pasaman. Tapi ada satu silek di Padang Panjang, namanya silek lanyak (silat lumpur) di Kubu Gadang. Bermain silat ini di dalam sawah yang lanyah, kini menjadi suguhan kepada tamu yang datang, bahkan juga menjadi incaran para fotografi untuk berkunjung.

Hal ini bisa dilihat bila berkunjung ke Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur, tepat di tepi jalan kampung Kubu Gadang, ada sawah yang tidak ditanami seluas lapang bola volly. Disana pesilat muda akan menunjukkan kebolehannya kepada tamu.

Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Kabag Humas Setdako Ampera Salim kemaren menyebutkan, Silat Lanyah atau bersilat dalam lumpur ini, beberapa waktu lalu perneh tampil di rubrik seribu kata Majalah Tempo. Waktu itu ada kunjungan beberapa tamu pejabat tinggi dari Jakarta ke Padang Panjang.

"Mereka sempat melihat pesilat muda yang melayang, terbang menghayun kaki, menendang dalam sawah berlumpur. Setiap penonton pasti berdecak kagum," ujar Wako.

Para pendekat dalam silat ini tidak hanya bermain tangan kosong. Tapi juga memakai pisau senjata tajam sehingga pertunjukan semakin memukau dan mencekam.

"Datanglah ke Padang Panjang, jika ingin melihat langsung," kata walikota. (***)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padangpanjang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77