Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Bupati Sutan Riska Dianugerahi Nirwasita Tantra

Bupati Sutan Riska Dianugerahi Nirwasita Tantra
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan usai menerima penghargaan lingkungan hidup di Siak, Riau. (Humas Dharmasrauya)
Sabtu, 23 Juli 2016 15:15 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Wakil Presiden Republik Indonesia H. Jusuf Kalla, Jumat 22 Juli 2016 kemarin, menghadiri puncak peringatan hari lingkungan hidup se dunia yang dipusatkan di halaman Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Menristek dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dan Menteri Kominfo Rudiantara.

Dalam acara dengan thema "selamatkan satwa dan tumbuhan liar untuk kehidupan" itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dianugerahi penghargaan Nirwasita Tantra oleh Wapres Jusuf Kalla. Anugerah tersebut diberikan sebagai apresiasi negara atas keberhasilan Kabupaten Dharmasraya dalam menyusun laporan tentang kondisi lingkungan hidup sebagai bentuk akuntabilitas Pemkab Dharmasraya dalam melindungi lingkungan hidup.

Dari Sumatera Barat selain Sutan Riska, pemimpin daerah yang dapat anugerah Nirwasita Tantra adalah Wagub Nasrul Abit. Sedangkan tiga kepala daerah yaitu Bukitinggi dan Payakumbuah mendapat hadiah pialai Adipura.

Usai menyerahkan penghargaan, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah peduli dan berprestasi dalam menata dan mengelola lingkungan hidup, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan.

Namun disisi lain orang nomor dua di tanah air itu mengkritik agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam membuat jenis jenis anugerah tidak menggunakan bahasa yang sulit sehingga mudah diingat.

"Lain kali jangan membuat istilah istilah yang menggunakan bahasa sanskerta sehingga mudah diingat masyarakat," katanya dalam intermezo. (***)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Dharmasraya
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/