Home  /  Berita  /  Umum

Sosok Kompol Sigit Saputra, Kabag Ops Polresta Padang yang Tegas Saat Tugas

Sosok Kompol Sigit Saputra, Kabag Ops Polresta Padang yang Tegas Saat Tugas
Penulis berfoto dengan Komandan Propam Polresta Padang, Kompol Sigit Saputra. (Foto: Yurizal/Humas Padang)
Rabu, 20 Juli 2016 11:38 WIB
Penulis: Charlie Ch. Legi (Staf Humas Pemko Padang)
PADANG – Sterilisasi jalur dua Bypass dari Korong Gadang, Kecamatan Kuranji hingga Pasar Ambacang, Kecamatan Pauh, pada Selasa (19/7/2016) berlangsung aman dan lancar. Ungkapan salut pantas diberikan kepada seluruh tim yang bekerja pada pagi hingga sorenya. Mereka bekerja keras tanpa kenal lelah.

Namun dibalik semua kesuksesan di hari pertama itu pantas agaknya jika acungan jempol diberikan kepada Komandan Propam Polresta Padang, Kompol Sigit Saputra. Ya, lelaki tegas yang selalu mengenakan kecamata di atas kendaraannya itu terus memberi semangat kepada seluruh personil yang bekerja. Lewat pegeras suara, Sigit mengomandoi seluruh personil, termasuk operator eskavator yang akan merobohkan bangunan.

Dari atas kendaraannya, Sigit begitu pintar mengarahkan rekan-rekannya. Suaranya lantang, berwibawa. Matanya pun jeli memandang setiap sudut. Dia pun tak segan-segan menghardik personilnya jika tidak mau mendengarkan arahannya.

Bila situasi sedikit memanas, Sigit langsung memainkan ‘jurus’nya. Sebab, seperti diketahui, dalam setiap operasi di lapangan, aparat kemananan telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas.

“Warga yang bersikap provokatif akan kami ambil,” katanya dengan lantang.Hal inilah yang mungkin agaknya membuat warga harus berpikir ulang untuk menghadang petugas. Hampir tak ada warga yang melakukan perlawanan. Jika pun ada, bisa diselesaikan dengan cepat.

Pada pembenahan Bypass, November 2015 lalu, Sigit juga bertugas mengomandoi rekan-rekannya. Waktu itu Sigit terlihat lebih garang lagi. Gerak cepat yang dilakukan aparat kepolisian, tak terlepas dari ketegasan Sigit.

“Tidak ada negosiasi. Kita tak mau berlama-lama. Tidak ada alat yang diam. Keruk dan tinggalkan,” katanya sambil terus diulang berkali-kali.

Namun begitu, Sigit merupakan pribadi yang humoris. Sesekali ia juga menyematkan sedikit candaan saat mengomandoi rekan-rekannya. Begitu pula saat tidak betugas, hangat dan penuh senyum. (***)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/