Home >  Berita >  Umum

Rumah Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan Bakal Jadi Museum di Padang

Rumah Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan Bakal Jadi Museum di Padang
Bekas rumah tinggal Pahlawan Nasional yang juga mantan Wako Padang Bagindo Aziz Chan. (Humas Padang)
Rabu, 20 Juli 2016 07:35 WIB
PADANG – Memperingati 69 tahun gugurnya Bagindo Aziz Chan, Pemerintah Kota Padang berencana menjadikan rumah kediaman Wali Kota Padang kedua itu sebagai Museum. Rumah Bagindo Aziz Chan terletak di kawasan Alang Laweh Koto, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Bagindo Aziz Chan merupakan Wali Kota Padang kedua setelah kemerdekaan RI yang dilantik pada tanggal 15 Agustus 1946. Ia menggantikan Mr. Abubakar Jaar dan meninggal dalam usia 36 tahun setelah terlibat dalam sebuah pertempuran melawan Belanda.

Bagindo Aziz Chan terlahir dari pasangan Bagindo Montok dan Jamilah. Aziz Chan lahir pada 30 September 1910 di Padang dan meninggal pada19 Juli 1947 di Padang. Ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pada 9 November 2005.

Dalam upacara peringatan gugurnya Bagindo Aziz Chan di lapangan Imam Bonjol Padang, Selasa(19/7/2016) ,Wakil Walikota Padang, Emzalmi yang bertindak sebagai inspektur upacara mengemukakan, dalam mengenang jasa dan memperingati perjuangan Bangindo Aziz Chan, Pemko Padang selalu mengadakan berbagai acara dan kegiatan setiap tahunnya.

“Pemko berencana menjadikan kediaman Wali Kota Padang kedua itu sebagai Museum Sejarah tokoh pahlawan Nasional dari Kota Padang demi memperingati beliau,” ujar Wawako.

Dikatakan, rumah Bagindo Aziz Chan memiliki sejarah yang tinggi dan sudah lama akan direnovasi. Untuk anggaran renovasi rumah kediaman Bagindo Aziz Chan berasal dari APBD Kota Padang melalui Dinas Pariwisata. Rumah kediaman Bagindo Aziz Chan tersebut akan dijadikan sebagai aset budaya sekaligus museum dan objek wisata.

Selain wacana membuat museum, peringatan 69 tahun Bagindo Aziz Chan juga diisi dengan kegiatan napak tilas yang sedang berjalan dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia Bukittinggi.

Dikatakan Wawako, kegiatan mengenang jasa Bagindo Aziz Chan sang inspirator itu sangat penting. Namun, yang paling lebih penting lagi adalah mempraktekkan jiwa dan semangat juangnya bagi semua, terutama generasi muda penerus bangsa.

“Dengan sejarah dan berkat perjuangan beliau yang gigih tersebut, kita berharap menjadi pendorong serta motivasi untuk meningkatkan partisipasi dalam membangun Kota Padang,” ujarnya.

Emzalmi berharap, segala kegiatan yang dilakukan demi memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Minangkabau itu dapat memajukan Kota Padang yang juga dikenal sebagai kota berbasis perjuangan. (DU)

Editor : Calva
Kategori : Umum, GoNews Group, Padang

Loading...
www www