Home >  Berita >  Peristiwa

Hari Pertama Sterilisasi Bypass Kota Padang, Banyak Warga Bongkar Sendiri Bangunannya

Hari Pertama Sterilisasi Bypass Kota Padang, Banyak Warga Bongkar Sendiri Bangunannya
Alat berat sedang meratakan bangunan dalam sterilisasi kawasan bypass Kota Padang. (Humas Padang)
Rabu, 20 Juli 2016 08:49 WIB
PADANG – Akhirnya sejumlah bangunan yang masih menghambat pengerjaan jalur dua Bypass arah ke selatan berhasil disterilkan, Selasa (19/7/2016). Pemerintah Kota Padang bersama pihak kepolisian dan TNI saling bahu membahu, bekerjasama hingga akhirnya sterilisasi jalur Bypass berlangsung mulus.

Pagi itu tiga unit eskavator diturunkan. Sterilisasi tersebut diawali dari Kantor Camat Kuranji menuju Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh. Dengan dikawal pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, BPBD-PK dan lainnya, ketiga eskavator bekerja meruntuhkan bangunan yang masih ‘memakan’ rencana badan jalan.

Tidak ada kendala berarti yang terjadi saat sterilisasi di lokasi sepanjang jalur Bypass tersebut. Ketiga eskavator berhasil membersihkan sisi kiri dan kanan jalan. Tepat pukul 16.00 Wib, seluruh tim mengakhiri penataan jalur Bypass.

Sebelumnya, Pemko Padang memang telah menyosialisasikan kepada warga pemilik bangunan akan dilakukan sterilisasi di pengerjaan jalur dua Bypass. Ketika itu Pemko Padang juga telah mengimbau warga agar membongkar sendiri bangunannya.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo menyebut, Pemko Padang sudah melakukan sosialisasi kepada warga sejak beberapa bulan terakhir. Warga pun banyak yang membongkar sendiri bangunannya.

“Seperti di Korong Gadang, Kecamatan Kuranji ini. Di sini ada 13 titik dan 12 titik diantaranya sudah dibongkar sendiri oleh pemiliknya,” sebutnya didampingi Asisten I Pemerintahan, Vidal Triza.

Hemat walikota, selain karena kesadaran warga sendiri, penyebab warga membongkar sendiri bangunannya karena telah dilunakkan hatinya oleh Allah SWT. “Di Padang ini warganya baik-baik,” tutur walikota.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Sumintak menyebut, dalam kegiatan ini sebanyak 600 personil diturunkan. Seluruh personil berasal dari Brimob, Polda, Polresta, Satpol PP, BPBD-PK dan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad bersama Asisten I ikut melihat langsung upaya sterilisasi yang dilakukan. Direncanakan, Rabu (20/7) pagi, sterilisasi jalur Bypass akan kembali dilakukan mulai dari Kantor Camat Kuranji hingga ke Koto Tangah.(Charlie / Yurizal / DU)

Editor : Calva
Kategori : Peristiwa, GoNews Group, Padang

Loading...
www www