Home  /  Berita  /  Umum
Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Lima Puluh Kota

Bupati Serahkan Penghargaan dan Seribu Pohon

Bupati Serahkan Penghargaan dan Seribu Pohon
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan secara simbolis seribu bibit pohon bambu untuk konservasi daerah bantaran sungai atau tangkapan air kepada warga Kenagarian Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban. (tri)
Senin, 18 Juli 2016 10:53 WIB
Penulis: tri nanda

LIMA PULUH KOTA-Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2016 di Kabupaten Limapuluh Kota yang diselenggarakan di halaman kantor bupati, Senin (18/7) berlangsung khidmat dan lancar. Acara dipimpin Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan ikut dihadiri Wakil Bupati Ferizal Ridwan, para pejabat serta pegawai seluruh SKPD di lingkungan Pemkab setempat.

Dalam rangkaian acara yang mengangkat tema "Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan" itu juga diserahkan penghargaan bagi sejumlah sekolah peraih Adiwiyata dan pemenang lomba peringatan hari lingkungan hidup tingkat kabupaten setempat.

Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dibacakan Bupati disebutkan Indonesia merupakan rumah bagi 17% total spesies yang ada di dunia. Namun, tidak sedikit persoalan yang dihadapi dalam keragaman hayati tersebut.

“Sebagian besar besar spesies diketahui menghadapi ancaman kepunahan karena perusakan habitat dan perburuan. Berdasarkan data IUCN, di Indonesia dua spesies satwa berkategori punah, 66 spesies berkategori kritis dan 167 spesies kondisi genting,” papar Irfendi.

Begitu juga tumbuhan, satu spesies punah, dua spesies in situ, 115 spesies kritis dan 72 berstatus genting. Menyikapi ini pemerintah telah menegaskan upaya perlindungan terhadap tumbuhan dan satwa liar.  

Dikatakan, Indonesia aktif memberantas kejahatan perdagangan TSL (wildlife crime). Sepanjang periode 2010-2014 jumlah kasus TSL yang berhasil diselesaikan sebanyak 146 kasus dari total 188 kasus, atau sebesar 77,6 persen.

“Meskipun jumlah kasus yang terselesaikan cukup tinggi, namun kecenderungan kasus kejahatan perdagangan dan peredaran ilegal TSL terus meningkat. Hal tersebut menunjukkan upaya penegakan hukum saja belum cukup untuk menekan laju kejahatan TSL,” tutur Irfendi.

Lebih lanjut dijelaskan, wildlife crime telah menjadi Transnational Organized Crime dan diposisikan sebagai kejahatan luar biasa, seperti korupsi, pencucian uang, kejahatan terorganisir, senjata api ilegal, obat-obatan, dan terorisme. Kejahatan ini menarik bagi pelakunya karena menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

“Kita berharap momen hari lingkungan hidup ini dapat menjadi alarm tanda siaga kita untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan dan kehutanan yang banyak, komplek dan rumit,” ujar Irfendi ketika membacakan pidato menteri.

Dalam rangkaian acara itu Bupati Irfendi dan Wakil Bupati Ferizal juga menyerahkan piagam penghargaan Adiwiyata. Menurut Kabid Perlindungan Konservasi Sumberdaya Alam dan Keragaman Hayati Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Limapuluh Kota Anhar, penghargaan Adiwiyata itu diberikan masing-masingnya kepada SDN 07 Situjuah Gadang, SDN 06 Batu Payuang, SDN 04 Andaleh, MTsN Dangung-Dangung, SMAN 1 Akabiluru dan SMK PP Padang Mengatas. Sedangkan juara pertama lomba kebersihan kantor direbut Badan Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP4K).

Selain itu juga diserahkan tropy bagi sejumlah taman Kanak-kanak pemenang lomba mewarnai gambar dan penyerahan secara simbolis seribu bibit pohon bambu untuk konservasi daerah bantaran sungai atau tangkapan air di Kenagarian Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Limapuluh Kota, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/