Home  /  Berita  /  Pendidikan

Bupati Solok Buka Matsama se-Kabupaten di MAN Koto Baru

Bupati Solok Buka Matsama se-Kabupaten di MAN Koto Baru
Bupati Solok, H. Gusmal foto bersama usai membuka Masa Taaruf Siswa Madrasah di Kampus MAN Koto Baru, Sabtu (16/7).
Sabtu, 16 Juli 2016 16:50 WIB
Penulis: W Leto Tapays
SOLOK - Bupati Solok H. Gusmal membuka secara resmi Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah) se-Kabupaten Solok, Sabtu (16/7) di kampus MAN Koto Baru. Kegiatan ini dihadiri oleh Kakan Kemenag, Kadis Dikpora, para kepala madrasah, dan siswa dari semua madrasah di Kabupaten Solok.

"Matsama menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat lingkungan madrasah," ujar Bupati Solok. Bukan hanya mengenal lingkungan secara umum, tetapi diharapkan juga mengenali karakter guru, karakter teman dan karakter keluarga besar madrasah. Dengan mengenal lebih dalam lingkungan ini diharapkan motivasi semakin meningkat, sehingga prestasi belajar bisa dibuat.

Kabupaten Solok, jelas Gusmal, diharapkan bisa tumbuh menjadi Kabupaten Pendidikan dan Kabupaten Pendidikan. Di samping itu diharapkan juga tumbuh menjadi daerah penghafal Al Quran. Sehingga masyrakat madani yang diharapkan bisa tumbuh.

"Masyarakat Qurani akan bisa terwujud jika semua siswa aktif dalam menghafal al Quran," ujar Gusmal. Kita sudah meluncurkan program magrib mengaji, dan magrib al Quran. Diharapkan dengan program ini akan terwujud masyrakat madani dan masyarakat Qurani.

Sementara kepada kantor Kemenag, H. Kardinal berharap melalui Matsama para siswa madrasah akan semakin mengenal lebih dekat lingkungan barunya, sehingga akan timbul motivasi untuk meraih prestasi baru.

Ketua Panitia, yang juga Kepala MAN Koto Baru menjelaskan pembukaan Matsama ini diikuti oleh semua madrasah di Kabupaten Solok, mulai dari MI hingga MA, dengan total siswa sebanyak 2789.

"Diharapkan dengan matsama ijo motivasi siswa akan semakin meningkat," ujar H. Syamsul Bahri. Di samping itu, bisa lebih dekat lingkungan madrasah yang baru dimasukinya.

Matsama akan berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20/7) berlangsung serentak di seluruh Indonesia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/