Home  /  Berita  /  Pendidikan

Kabupaten Solok Kembangkan Sekolah Berbasis Pesantren

Kabupaten Solok Kembangkan Sekolah Berbasis Pesantren
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Zulfadli bersama Bupati Solol, H. Gusmal saat berada di SMPN 1 Gunung Talang.
Kamis, 14 Juli 2016 10:18 WIB
Penulis: Dafrizal
SOLOK - Sekolah sebagai salah satu tripusat pendidikan merupakan sarana yang sengaja diciptakan oleh manusia untuk mengemban tugas memanusiakan manusia. Karena itu Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupten Solok, mulai tahun pembelajaran 2016/2017 di tiap kecamatan akan membentuk sekolah yang berbasis pesantren.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Zulfadli, S.Pd, MM, sekolah bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itu, tambahnya, tujuan sekolah bebasis pesantren mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

"Tujuannya terasa abstrak dibandingkan dengan tujuan institusional, tujuan kurikuller, dan tujuan pembelajaran yang lebih terperinci dan kongkrit," tambah Zulfadli.

Namun perlu dicermati dan dipahami tujuanĀ  pendidikan itu bersifat seperti induk tujuanĀ  pendidikan yang lainnya.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui dan memahami tujuan sekolah bebasis agama secara benar dan tepat. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran atau penyelenggaraan pendidikan bertitik tolak dan bermuara pada tujuan tersebut. ***

Editor:W Leto Tapays
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Solok
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/