Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Padang Utara Latih Tukang Tangani Proyek dan Persiapkan TRC

Padang Utara Latih Tukang Tangani Proyek dan Persiapkan TRC
Suasana pembukaan pelatihan tukang di Padang Utara. (Humas Padang)
Rabu, 13 Juli 2016 11:00 WIB

PADANG - Dalam waktu dekat, Kecamatan Padang Utara bakal memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menangani kerusakan ringan pada jalan lingkungan dan fasilitas umum lainnya. Tim tersebut terdiri dari warga yang diberdayakan dan dibekali pelatihan pertukangan.

"Pemebentukan TRC ini merupakan gagasan dari Camat Padang Utara guna menangani kerusakan ringan pada jalan dan fasilitas umum juga akan diberdayakan pada proyek pembangunan fisik di kelurahan,"ungkap Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi PM) Kecamatan Padang Utara Rizki Nur Zaidhan, S.STP pada pelatihan pertukangan yang digelar di aula kantor amat setempat, Selasa (12/7/2016).

Menurut Rizki, kegiatan bertajuk optimalisasi pengembangan perekonomian masyarakat kelurahan melalui pemberdayaan peserta pelatihan pertulangan pada proyek pembangunan fisik tersebut bertujuan mendorong partisipasi masyarakat. Dimana masyarakat berinisiatif memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi dirinya sendiri. Sedangkan pemberdayaan melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh kecamatan selama ini belum efektif mengembangkan perekonomian masyarakat kelurahan.

"Diakui, pemberdayaan melalui pelatihan yang dilaksanakan selama ini belum efektif," sebutnya.

Melalui pelatihan pertukangan ini, lanjut Rizki, seluruh peserta akan diberdayakan dan diperkuat dengan nota kesepakatan seluruh stakeholder, yaitu Camat Padang Utara dan para lurah serta ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Inti dari nota kesepakatan tersebut adalah kesediaan seluruh pemangku kepentingan untuk memberdayakan peserta pelatihan pertukangan pada proyek fisik kelurahan.

"Para peserta pelatihan nanti merupakan tenaga inti sekaligus anggota dari TRC untuk penanganan kerusakan fisik jalan dan pengerjaan proyek di kelurahan," jelasnya.
Adapun untuk instruktur pelatihan pertukangan ini terdiri dari para doaen pengajar di Politeknik Negeri Padang. Sedangkan peserta sekira 50 orang merupakan utusan dari tujuh kelurahan sekecamatan Padang Utara.

Pasca pelatihan yang berlangsung selama dua hari, lekat tangan para tukang ini akan diujicobakan untuk membangun penahan banjir di Kantor Lurah Gunung Pangilun.
Sementara itu, Lurah Gunung Pangilun Andi Amir merespon baik rencana ujicoba para tukang membangun penahan banjir di kantornya. "Tentu saya sangat berterima kasih ujicoba dilakukan di kantor saya yang memang sering kebanjiran," katanya.

Selain itu, Andi Amir menyebut, kegiatan itu juga akan merangsang partisipasi warga dalam nantinya. Ia juga janji akan mengerahkan warganya untuk turut membantu kerusakan akibat bencana. (***)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, Lingkungan, GoNews Group, Padang
wwwwww