Di Puskesmas Ulak Karang, Walikota Padang Begitu Dekat dengan Pasien

Di Puskesmas Ulak Karang, Walikota Padang Begitu Dekat dengan Pasien
Wako Padang Mahyeldi ketika berdialog dengan para pasien di Puskesmas Ulak Karang. (Humas Padang)
Selasa, 12 Juli 2016 10:47 WIB

PADANG - Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mendatangi Puskesmas Ulakkarang, di Kompleks Asratek, Senin (11/7/2016) pagi. Kedatangan orang nomor satu di Padang ini untuk melihat langsung pelayanan di puskesmas tersebut usai libur lebaran.

Kedatangan walikota di Puskesmas tersebut cukup mengagetkan pasien dan petugas medis. Mereka tak menyangka akan didatangi walikota. Walikota kemudian menyalami setiap pasien yang akan berobat.

Pagi itu Puskesmas tidak begitu ramai. Pasien yang akan berobat hanya beberapa. Mereka duduk antri di loket tunggu.

“Apo sakik anak? (sakit apa anak?),” tanya Walikota kepada seorang pasien yang sedang menggendong anaknya di ruang tunggu.

Ibu muda itu pun mengeluhkan sakit gatal yang dialami putrinya yang masih kecil. Terlihat bercak merah di kedua kaki anak tersebut.

“Aia di rumah lai barasiah (Air di rumah apa bersih)?” tanya walikota.

Ibu muda itu menggeleng. Dirinya mengaku jika air di rumahnya keruh.

“Mungkin dek karano aia kurang barasiah (mungkin karena air kurang bersih),” kata walikota sambil memegang anak tersebut.

Walikota kemudian menganjurkan kepada ibu muda tersebut untuk menyaring air di rumahnya. Sehingga diperoleh air yang bersih dan dapat dikonsumsi dengan baik.
Walikota kemudian menghampiri pasien lain. Ibu paruh baya yang sedang menunggu untuk dipanggil kemudian didatangi.

“Kalau ibuk sakik apo? (Kalau ibu sakit apa?)” tanya walikota.

Sambil menunjuk kakinya yang kemerahan dan perih, ibu tersebut menyebut bahwa penyakit tersebut didapatnya saat banjir melanda Padang beberapa waktu lalu. Walikota pun tak sungkan untuk melihat dan memegang langsung kaki ibu itu.

Walikota juga bertemu dengan pasien paruh baya lainnya. Kali ini ibu berkacamata yang duduk sendiri menunggu antrian dihampiri walikota. Ibu tersebut mengaku kepada walikota jika saat ini penglihatannya sudah mulai terganggu. Si ibu yang berdomisili di luar kawasan Ulakkarang ini pun mengaku merasa senang berobat di Puskesmas tersebut karena pelayanan cukup memuaskan.

“Di siko pelayanannyo rancak (Di sini pelayanannya bagus),” ujarnya kepada walikota yang duduk di sebelahnya.

Kepala Puskesmas Ulakkarang, Dr. Chelsi mengaku bahwa pada hari pertama usai libur lebaran ini jumlah pasien berobat belum begitu ramai. Namun dirinya akan terus memantau jumlah pasien yang berobat ke Puskesmas Ulakkarang. Sebab, seperti tahun sebelumnya, jumlah pasien berobat akan cukup banyak terutama setelah lebaran.

“Untuk hari biasa kita biasanya menerima pasien hingga 100 orang perhari,” terangnya.(Charlie/Yurizal/DU/Mursalim)

Editor : Calva
Kategori : Pemerintahan, GoNews Group, Padang

Loading...
www www