Home  /  Berita  /  Ekonomi

Guna Tingkatkan Produksi, Petani Kakao Padang Pariaman Diberikan Pelatihan dan Alat Panen

Guna Tingkatkan Produksi, Petani Kakao Padang Pariaman Diberikan Pelatihan dan Alat Panen
Petugas Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Padang Pariaman serahkan gunting kepada petani Kakao. (Humas Padang Pariaman)
Jum'at, 17 Juni 2016 10:36 WIB

PARIT MALINTANG - Dalam rangka meningkatkan produksi Kakao dan produktifitas lahan di Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan melalui Bidang Perkebunan telah merancang dan melaksanakan kegiatan Intensifikasi Kakao. Karena keterbatasan anggaran pelaksanaan kegiatan ini hanya difokuskan pada 10 kelompok tani (Keltan) yang tersebar di Kec. Sei Geringging.

Untuk itu pada hari Rabu (15/6/2016) lalu dilaksanakan Pembagian Gunting Pangkas Kakao sebanyak 250 unit kepada 10 keltan yang merupakan lanjutan rangkaian kegiatan, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan lapangan (Sekolah Lapang/SL) Pemangkasaan dan Sanitasi Kebun. Output dari SL ini adalah meningkatnya kualitas dan keterampilan petani dalam memangkas Kakao mereka.

Nantinya, setelah pembagian gunting pangkas berselang sebulan kemudian akan dilanjutkan dengan SL Pemupukan dan diikuti dengan pembagian pupuk.

"Dengan demikian secara aspek sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM, serta motivasi kelompok tani telah difasilitasi oleh pemerintah melalui Bidang Perkebunan Distannakhut," jelas Kasi Teknologi dan Produksi Tanaman Perkebunan Renny Hildayanti, SP.

"Tinggal pelaksanaan dan tindakan praktis petani di lapangan. Pemerintah berharap petani mengikuti petani Kakao di Jepang yang benar dalam mengelola Kakao sehingga berdampak pada Peningkatan produksi dan kesejahteraan petani," imbuh Renny lagi. (Humas/Riska)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77