Home  /  Berita  /  Ekonomi

Pembebasan Lahan Tuntas, Pembangunan Jalan By Pass Padang Pariaman-Padang Capai 75 Persen

Pembebasan Lahan Tuntas, Pembangunan Jalan By Pass Padang Pariaman-Padang Capai 75 Persen
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni ketika meninjau pelaksanaan pekerjaan jalan by pass Padang Pariaman-Padang. (Humas Padang Pariaman)
Kamis, 16 Juni 2016 11:37 WIB

PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni berharap jalan by pass Fly Over Padang Pariaman - Padang bisa dituntaskan tahun 2016 ini karena sangat dinantikan oleh masyarakat Sumbar dan khususnya Padang Pariaman. Dikatakannya, bahwa untuk pembebasan lahan di wilayah kerjanya telah tuntas seluruhnya dan alat berat sudah lakukan penimbunan dan pengerasan jalan.

"Kita dipacu Bapak Gubernur untuk pembebasan lahan dari fly over hingga batas kota, alhamdulilah dengan pendekatan dan komunikasi yang intensif bisa selesai dalam dua hari, tanpa pengawalan Satpol PP," kata Ali Mukhni ketika meninjau pekerjaan jalan tersebut, Selasa (15/6/2016).

Camat Batang Anai Erman mengakui pembebasan lahan mulai dari Fly Over ke Batas Kota dipimpin langsung oleh Bupati Ali Mukhni penyelesaiannya tidak berlarut-larut.

"Bapak Bupati turun langsung ke lapangan. Makan siang bareng dengan puluhan masyarakat dengan menggunakan uang pribadi beliau. Selanjutnya meyakinkan masyarakat mengenai pentingnya jalan tersebut untuk perekonomian," kata mantan Camat Ulakan Tapakis itu.

Jalan by pass yang dikerjakan oleh perusahaan Korea Kyeryong-Yala dengan lebar 40 meter itu sudah dikerjakan dengan bobot mencapai 75%. Jalan tersebut diyakini akan memperlancar akses Bandara Internasional Minangkabau ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Diketahui Bupati Ali Mukhni dikenal sebagai Kepala Daerah yang paling banyak dalam pembebasan lahan. Berbagai mega proyek nasional dipusatkan di Padang Pariaman seperti BP2IP, Asrama Haji, MAN Insan Cendikia, Jalan Duku-Sicincin, Pelabuhan Tiram, Main Stadion dan lainnya. Diperkirakan pembebasan lahan mencapai ribuan hektar yang semuanya diselesaikan secara cepat dan tanpa gejolak apapun.

Walaupun Pemkab Padang Pariaman telah bekerja keras dalam pembebasan lahan, namun pembangunan jalan fly over by pass-teluk bayur bisa saja terhambat. Hal ini dikarenakan masih banyaknya lahan yang belum dibebaskan di wilayah Pemko Padang. Untuk itu masyarakat mendesak agar Bapak Gubernur Sumbar mendesak Walikota Padang dan jajarannya agar bekerja ekstra agar supaya pekerjaan jalan by pass selesai target hingga agustus mendatang.

"Seperti Bapak Gubernur katakan agar Kabupaten dan Kota belajar ke Padang Pariaman dalam pembebasan lahan," kata salah seorang tokoh masyarakat setempat. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77