Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Menhub Setuju Pembangunan Jalur Kereta Api di Riau Digesa

Menhub Setuju Pembangunan Jalur Kereta Api di Riau Digesa
Kadishub Riau, Rahmat Rahim.
Selasa, 14 Juni 2016 13:50 WIB
Penulis: Ratna Sari Dewi
PEKANBARU - Tim percepatan pembangunan jalur rel kereta api di Provinsi Riau gencar melakukan sosialisasi pembebasan lahan kepada masyarakat. Langkah tersebut dilakukan untuk menyinergikan percepatan pengucuran dana sebesar Rp80 miliar untuk pembangunan fisik rel kereta api yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pak Menteri Perhubungan setuju dan menyatakan akan support dana dan meminta bantuan pemerintah daerah untuk pendekatan pembebasan lahan kepada masyarakat. Dua minggu yang lalu, saya sudah turun ke lapangan melakukan sosialisasi karena tahun ini pembangunan fisik rel kereta api sepanjang 21 kilometer akan dimulai. Jadi kita sinergikan, Menhub menurunkan dananya, kita yang menyinergikannya dengan masyarakat," jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Rahmat Rahim kepada GoRiau.com, Selasa (14/6/2016) di Pekanbaru.

Dipaparkan Rahmat, Pemprov Riau akan menyeriusi pembangunan jalur kereta api dari Sumatera Utara ke Riau atau Rantauprapat-Duri-Dumai sepanjang 249 km. Dimana, pembangunan KA Trans Sumatera meliputi Pekanbaru-Telukkuantan-Muaro 164 km, Pekanbaru-Jambi 350 km, Rantauprapat-Duri-Dumai 249 km dan Duri-Pekanbaru 90 km.

"KA Trans Sumatera ini juga akan menghubungkan tiga pelabuhan di Riau yakni Dumai, Tanjung Buton di Kabupaten Siak dan Kuala Enok di Kabupaten Indragiri Hilir," imbuhnya. (*/rat)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77