Home  /  Berita  /  GoNews Group

Datangi Rumah Duka, Pemcam Padang Selatan Ringankan Beban Warga Sedang Kemalangan

Datangi Rumah Duka, Pemcam Padang Selatan Ringankan Beban Warga Sedang Kemalangan
Camat Padang Selatan Fuji Astomi ketika memberikan bantuan di rumah duka warga. (Charlie/Humas Padang)
Selasa, 07 Juni 2016 06:11 WIB

PADANG – Pemerintah Kecamatan Padang Selatan begitu berempati kepada warganya. Ketika warga sedang mengalami kemalangan (dirundung duka / kematian), pihak kecamatan langsung merespon. Hari itu juga tim “Delivery Service Surat Keterangan Kematian” langsung mendatangi rumah duka.

Kedatangan tim tersebut untuk mengantarkan langsung Surat Keterangan Kematian. Hal ini bertujuan agar ahli waris atau keluarga tidak perlu repot-repot untuk mengurus surat tersebut.

“Biasanya, setiap ada yang kemalangan, pihak ahli waris akan mengurus Surat Keterangan Kematian seminggu atau sebulan setelah kemalangan. Hal ini tentu memakan waktu lama,” ungkap Camat Padang Selatan, Fuji Astomi, kemarin.

Surat Keterangan Kematian cukup penting bagi ahli waris. Sebab, surat ini diperlukan untuk pemberian santunan kematian yang merupakan program dari Pemerintah Kota Padang.

“Surat itu salah satu syarat untuk mengurus pemberian santunan kematian. Karena itu kita melaunching inovasi ini dengan mengantarkan langsung surat keterangan kematian kepada warga yang dirundung duka,” papar Fuji.

Inovasi ini memang cukup membantu warga. Dengan adanya inovasi ini, segala perangkat pemerintahan seperti RT, RW dan Lurah berjalan sempurna dan dekat dengan masyarakat dalam pelayanan.

"Mekanismenya, kita fungsikan RT dan RW. Ketika ada warga yang meninggal, RT dan RW melaporkan kepada kelurahan. Kemudian kelurahan memproses lewat PATEN kecamatan. Hari itu juga Lurah mengantarkan surat keterangan kematian ke rumah duka, sebelum jenazah disemayamkan,” sebut Camat.

Padang Selatan telah melaunching program ini pada Maret 2016 lalu. Respon masyarakat cukup baik karena benar-benar terlayani. Tanpa usulan permohonan pengurusan surat keterangan kematian, ahli waris dapat langsung menerima surat tersebut.

"Selama ini banyak yang mengabaikan kematian. Tidak bagi kami. Kami justru ikut berempati sehingga warga terfasilitasi dan dihargai,” papar Fuji didampingi Sekcam Molina Roza.

Camat Padang Selatan menyebut, setelah dilaunching, sebanyak lebih 40 surat sudah diantarkan ke rumah-rumah duka. Warga terbantu, pemerintah pun dapat melayani dengan sempurna. (Charlie)

Editor:Calva
Kategori:Padang, GoNews Group, Umum
wwwwww