1800 Perantau Pangkalan Pulang Kampung Rayakan Potang Balimau

Bupati Ajak Turis Manca Negara Naik Bimbau

Menikmati pesona alam Limapuluh Kota dari Kelok 9 Penari dari siswi SMA 1 Pangkalan berpose dengan dua turis asing. Bupati Irfendi Arbi, Muspida , tokoh masyarakat, naik sampan hias alias Bimbau bersama  2  wisman : Yekaterina dari  Kazakhstan dan Kseniia Liuk dari Rusia dalam Potang Balimau di Pangkalan Penari dari siswi SMA 1 Pangkalan berpose dengan dua turis asing. Menikmati pesona alam Limapuluh Kota dari Kelok 9
Minggu, 05 Juni 2016 22:37 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA –Tradisi Potang Balimau di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat untuk menyambut bulan suci Ramadhan berlangsung sukses, Minggu (5/6/2016). Ambil bahagian pula beberapa  turis asing diantaranya dari  Kazakhstan dan Rusia.

Tidak kurang dari 5.000-an jiwa, membanjiri aliran Sungai Batang Maek, Jorong Pasa Usang, Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. “Ada 1.800 perantau Pangkalan di Riau dan sekitarnya, pulang kampung basamo beberapa hari lalu,” kata Wabup Ferizal Ridwan, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Acara.

Pulang basamo ala anak nagari Pangkalan tersebut, digagas Ferizal Ridwan lewat kegiatan bertajuk “Kembali ke Pangkalan”. Potang balimau ini, secara resmi dibuka Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan dihadiri  staf ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Jefrinal Arifin dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Limapuluh Kota.

Irfendi mengaku apresiasi, atas kekompakan masyarakat Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Baik yang berada di rantau maupun di kampung halaman. “Perantau pangkalan banyak yang sukses di negeri orang. Hari ini, 1.800 orang lebih pulang bersama. Saya yakin, tidak akan sedikit uang beredar di kampung,” aku Irfendi.

Bupati berharap, momentum Potang Balimau menjadi perekat hubungan antar seluruh komponen masyarakat. “Memasuki bula suci Ramadhan, izinkan kami dan keluarga, serta Pemkab Limapuluh Kota, meminta maaf kepada bapak, ibu dan seluruh masyarakat. Selamat menunaikan puasa Ramadhan,” kata Irfendi.

Dia juga mendorong, Potang Balimau dijadikan agenda pariwisata tahunan. Pembukaan acara Potang Balimau, ditandai dengan naiknya Bupati Irfendi, Wabup Ferizal serta unsur Muspida, ke atas sampan hias (bimbau). Ikut pula tokoh perantau, serta dua  turis asing yakni Yekaterina Yevstratova (24) dari  Provinsi Zhambyl, Kazakhstan dan Kseniiia Liuk (24) dari Rusia.

Para wisatawan mancanegara, datang melihat dan menikmati tradisi Potang Balimau, jauh dari negaranya. Ini diapresiasi oleh bupati. “Well com to Limapuluh Kota,” kata Irfendi, kepada kedua turis asing tersebut.***

Editor : M.Siebert
Kategori : Limapuluh Kota, GoNews Group, Umum

Loading...
www www