Home  /  Berita  /  Ekonomi

Keluarga Paninggahan Sambut Baik Bupati Solok yang Memasukan Daerahnya dalam RPJP

Keluarga Paninggahan Sambut Baik Bupati Solok yang Memasukan Daerahnya dalam RPJP
Bupati Solo Gusmal, ketika berbicara dalam acara silahturahmi dengan Keluarga Paninggahan di Jakarta.
Jum'at, 03 Juni 2016 08:23 WIB

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Paninggahan (DPP PKP) merespon baik rencana Bupati Solok yang telah memasukkan pembangunan wisata Gagoan di Paninggahan dan Wisata Danau Singkarak ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dalam lima tahun kedepan.

Sekjen DPP PKP, Mairion Ando mengatakan senang dengan rencana Bupati Solok tersebut. Sebelumnya, Bupati Solok, Gusmal di hadapan Perantau Paninggahan di Gedung Yayasan Danau Singkarak -- DPP PKP di Jakarta menyampaikan telah memasukan tiga pembangunan pariwisata ke dalam RPJP untuk lima tahun kedepan. Diantaranya adalah, pembangunan pariwisata Danau Singkarak. Ini nantinya akan meliputi Nagari Singkarak, Sumani, Saniangbaka, Muaro Pingai dan Paninggahan. Kemudian, khusus untuk Paninggahan, Wisata Gagoan yang terletak di Bukit Junjung Sirih juga akan dibangun.

"Jalannya akan dibangun, nanti dilebarkan. Bila ada tanah masyarakat yang terkena pembangunan jalan agar direlakan saja," kata Gusmal di hadapan Perantau Paninggahan yang mengadakan acara silatrurrahmi dengan organisasi perantau Minang lainnya di Pondok Bambu, Jakarta, Minggu, (29/5/2016).

Gusmal, Bupati yang memimpin Kabupaten Solok untuk periode kedua ini mengatakan bahwa Gagoan sangat indah. Panorama alamnya sangat mengesankan.

"Kita menyambut baik rencana Bupati Solok. Kita mendorong agar semua stake holder (pihak yang berkepentingan) untuk mendukung rencana ini," ujar Sekjen DPP PKP, Mairion Ando kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (2/6/2016).

Selanjutnya, DPP PKP dan jajarannya akan membantu menyosialisasikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan rencana Pemerintah Kabupaten Solok tersebut kepada masyarakat baik yang di perantauan ataupun yang berada di kampung.

"Kita akan bantu sampaikan, sosialisasikan kepada masyarakat di Paninggahan di rantau dan di kampung," jelas Ando.

DPP PKP pun meminta supaya dalam hal ini Masyarakat Paninggahan menjadi motor penggerak dalam pembangunan pariwisata.

Sebagaimana diketahui, Paninggahan berada di Kecamatan Junjung Sirih di Kabupaten Solok. Nagari yang indah ini berada di perbatasan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Tanah Datar. dalam dua Kabupaten inilah Danau Singkarak berada.

Paninggahan, memiliki ragam lokasi dan wisata. Nagari yang membentang di Pantai Danau Singkarak dan berbatasan langsung dengan Kodya Padang ini memiliki kekhasan. Panorama alam yang sangat indah berada di dua bukit, yaitu Bukit Junjung Sirih dan Bukit Batu Agung. Bukit Batu Agung dan Bukit Junjung Sirih dibelah oleh sebuah sungai atau Batang Aia, yaitu Batang Aia Paninggahan.

Sebelumnya, dalam silaturrahmi yang dikemas dalam acara “Pekan Akselerasi dan Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Persatuan Keluarga Paninggahan (DPC PKP) Jabodetabek Timur” ini Gusmal mengatakan bertekad menjadikan Kabupaten Solok lebih unggul dari kabupaten lainnya. Unggul dari pembangunan Pariwisata, dan unggul Sumber Daya Manusianya.

Dalam pembangunan pariwisata, Gusmal mengatakan telah memasukan Kawasan Wisata Bukit Gagoan di Paninggahan kedalam RPJP Kabupaten Solok. Dan, dalam pembangunan SDM, kini pemerintah sedang menggiatkan “Solok Menulis,” yaitu pelatihan kepenulisan bagi guru-guru dan masyarakat, ini kerjasama dengan SSS.

“Tentang Danau Singkarak, kita akan membangun Wisata Danau Singkarak mulai dari Nagari Singkarak, Sumani hingga ke Paninggahan,” ujarnya.

“Di Paninggahan, kami telah memasukan kedalam konsep RPJP Kawasan Wisata Bukit Gagoan sebagai salah satu destinasi wisata. Tentunya untuk itu jalannya akan diperbaiki,” kata Gusmal. (rilis)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Solok
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/