Warga Sumbar, Anda Mau Tukar Uang Untuk Kebutuhan Lebaran, Disini Tempatnya

Warga Sumbar, Anda Mau Tukar Uang Untuk Kebutuhan Lebaran, Disini Tempatnya
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Puji Atmoko (kanan) bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.
Kamis, 02 Juni 2016 11:00 WIB

PADANG - Bank Indonesia perwakilan Sumtera Barat membuat pelayanan maksimal bagi seluruh warga Sumbar untuk melakukan penukaran uang receh atau uang kartal yang akan digunakan sebagai kebutuhan Ramadhan dan lebaran nantinya. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan layanan penukaran tahunlalu, kata Kepala Perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko, bersama perbankan telah sepakat dan bekerjasama membuka Posko Layanan Perkasan Ramadhan guna memudahkan dalam memonitor dan berkoordinasi. 

Layanan penukaran Ramadhan dan Idul Fitri secara serentak dimulai pada tanggal 1 Juni 2016 yang dibagisebagaiberikut:

a) LayananPenukaranmelaluiperbankan (bank umumdan BPR) :

Selamabulan Ramadhan penukaran dilakukan di Bank Umum setiap hariSenin s.d. Kamismulai pukul 09.00 s.d 12.00 WIB, sedangkan untuk BPR dilakukan secara bertahap setelah BPR melakukan penukaran uang pecahan kecil ke Bank Indonesia. Untuk Layanan penukaran melalui bank umum di kota Padang sebenarnya sudahberlangsung sejak 4 Februari 2015 yang lalu, namun kali ini diperluas akses penukaran uang pecahan kecil dengan melibatkan BPR. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan akses layanan penukaran uang bagi masyarakat sampai ke daerah-daerah. Penukaran dilayani baik untuk nasabah bank maupun bukan nasabah bank. Sementara itu layanan BI Sumbar lebih difokuskan untukmelayani kebutuhan perbankan, yakni bank umumdan BPR, dan sebagian tertentu masyarakat.

b) Layanan Penukaran untuk Instansi/Perusahaan

Layanan ini diperuntukan bagi instansi/kantor pemerintah dan perusahaan, pada setiap hari Selasa dan Kamis di Loke tPenukaran BI Sumbar dari pukul 09.00 s.d 12.00. Mekanisme penukaran dilakukan dengan pengajuan surat permintaan dari instansi/perusahaan ybs kepada BI Sumbar yang memuat rincian pecahan uang yang diperlukandan dikirimkan melalui faksimili kepada BI Sumbar satuhari sebelumnya(H-1)

c) Layanan Penukaran untuk BPR

Layanan penukaran untuk BPR dilakukan melalui koordinasi dengan asosiasi BPR (PerbarindoSumbar). Penukaran sudah dapat dimulai pada pekan pertama bulan Ramadhan setiap hari Selasa dan Kamis di Loket Penukaran BI Sumbar mulai pukul 09.00 s.d 12.00. Permintaan diajukan melalui faksimili kepada BI Sumbar satu hari sebelumnya (H-1).

d) Layanan Kas Keliling

BI Sumbar tetap melayani penukaran uang melalui mobil kas keliling dalam kota Padang sepertidi Pasar Lubuk Buaya, Pasar Belimbing dan PUSKUD, Pasar Siteba, Pasar Bungus dan Gaung, serta Pasar Indarung. Penambahan layanan kas keliling dapat saja ditambahkan sesuai dengan kebutuhan. Sementara di luarkota Padang telah dipilih akan dilakukan di Pasaman Barat, Muara Labuh, Sijunjung, Tapan dan sekitarnya.

e) Layanan Penukaran Bank Indonesia Bersama Perbankan didalam dan diluar Kota Padang

Guna semakin memperluas layanan penukaran bagi masyarakat, mobil layanan kas Bank Indonesia bersama dengan beberapa mobil layanan kas perbankan (bank umum dan Perbarindo) juga akan menyelenggarakan layanan penukaran bersama di dalam dan dil uarKota Padang dengan rincian sebagai berikut :

gosumbarcom_du5sl_114.jpg

Kemudian, sambung Puji, pihaknya mengimbau kepada perbankan dan masyarakat dalam kegiatan penukaran pecahan uang kecil selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016 sebagai berikut:

1. Agar melakukan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK)di bank umum dan BPR yang memang telah disiapkan untuk melayani penukaran bagi masyarakat nasabah/bukan nasabah) dan tidak menggunakan jasa penukaran uang di pinggir jalan. Hal itu dimaksudkan agar terhindar dari risiko menerima jumlahl embar uang yang tidak sesuai, dimungkinkan adanya terselip uang palsu, dan risiko terkena tambahan biaya.

2. Agar lebih waspada, cermat dan teliti dalam menerima uang guna mengantisipasi beredarnya uang palsu. Untuks elalu ingat 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang), selainjuga 3D (Didapat, Disayang, dan Disimpan) seperti tidak melipat, mencoret, meremas, membasahi, dan menstaples uang kertas.

3. Agar lebih memilih transaksi dengan saran pembayaran secara non tunai sepert iKartuATM, Kartu debit, KartuKredit, Uang Elektronik, mobile banking, serta layanan transfer dana non tunailainnya yang saat ini sudah cukup tersedia pilihan dan mudah penggunaanya.

Dan kepada kalangan perbankan, Bank Indonesia, sambung Puji, meminta:

1. Bank umum diminta untuk tetap menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh ATM, khususnya selama musim libur bersama Idul Fitri 2016.

2. Bank umumdan BPR yang melayani penukaranuang agar selalu waspada terhadap beredarny auang palsu dalam kegiatan penukaran uang.

"Kami menyediakan pulalayanan kontak pengaduan masyarakat terkait layanan penukaran uang pecahan kecil melalui Posko Pelayanan Perkasan Ramadhan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, nomortelpon 0751-31700 ext. 8343 danfaksimili 0751-31030," ujarnya. (rilis)


Loading...
www www