Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
Olahraga
22 jam yang lalu
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
2
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
Olahraga
21 jam yang lalu
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
3
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
Olahraga
20 jam yang lalu
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

28 Tahun Meminta, Jembatan Batukabau Akhirnya Dibangun

28 Tahun Meminta, Jembatan Batukabau Akhirnya Dibangun
Wakil Buoati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan hadiri peletakan batu pertama pembangunan jembatan permanen di jorong batusikabau nagari sitanang.(f/humas LK)
Kamis, 02 Juni 2016 23:15 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA--Setelah hampir 28 tahun sejak 1987 memakai jembatan gantung berlantai kayu, masyarakat Jorong Batukabau, Kenagarian Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban kini bisa bernafas lega, karena bakal segera memiliki jembatan permanen. Kemarin, Pemkab Limapuluh Kota, mulai membangun jembatan penghubung antar dua jorong di nagari itu.

Dimulainya pembangunan jembatan di Nagari Sitanang ditandai peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, bersama Kepala Dinas PU, Edward, beserta jajaran pemerintah kecamatan Lareh Sago Halaban. Turut hadir Anggota DPRD, Amril B, Dandim 0306, Letkol Inf Heri Sumitro, Kapolsek Luhak beserta ratusan masyarakat.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan menyebutkan, jembatan permanen di Batukabau, merupakan salah satu program pembangunan Pemkab di bidang infrastuktur, yang dilaksanakan guna menunjang percepatan pembangunan dari kawasan pinggir. Seperti halnya yang tengah digeber pemerintah pusat, Jokowi-JK. 

"Kalau pemerintah pusat memulai pembangunan dari desa, maka, kami bersama Pak Bupati Irfendi Arbi, akan memulainya dari Jorong," sebut Ferizal Ridwan, dalam sambutannya jelang pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan jembatan Jorong Batusikabau, di Sitanang, Kamis (2/6) siang.

Ferizal menyebut, jembatan Batusikabau, sebelumnya sudah diusulkan masyarakat secara berjenjang dan baru terlaksana pada anggaran 2015. Dia meminta masyarakat Sitanang, perlu berterima kasih kepada pemerintahan sebelumnya, Alis Marajo-Asyirwan Yunus. "Sebuah keberkahan, jika kita berterima kasih ke orang yang sudah berjasa," sebut Ferizal. 

Putra Lareh Sago Halaban ini berharap, masyarakat dapat memanfaatkan jembatan Batukabau sebaik-baiknya untuk memacu perekonomian. Dia mengakui, saat ini tidak hanya di Sitanang, masih banyak daerah nagari yang tertinggal di bidang infrastuktur. Hal ini lebih diakibatkan karena terbatasnya anggaran daerah. 

Wali Nagari Sitanang Zulfikar melaporkan, sejak 1978 jembatan di Jorong Batu Kabau, menjadi alternatif utama masyarakat beraktifitas. Jembatan gantung setinggi 8 meter di atas Batang Sinama itu kondisinya sudah tua dan tak layak pakai, serta cuma bisa dilalui kendaraan roda dua. "Perbaikan selama ini kami kerap melakukan swadaya, menjual sapi Bandes untuk biayanya," sebut Zulfikar. 

Pihaknya mengaku berterima kasih kepada jajaran Pemkab Limapuluh Kota, karena telah menjadikan salah satu infrastuktur yakni jembatan di Sitanang sebagai prioritas. Kepala Dinas PU, Edward, menyebutkan, pembangunan jembatan permanen sepanjang 60 meter di Sitanang akan menelan dana milyaran rupiah. 

Tak hanya fisik jembatan, pembangunan juga akan disusul dengan rabat beton di sisi sungai sepanjang 225 meter, dengan masa pengerjaan selama kurang lebih 210 hari. Adapun pengerjaan akan dilakukan oleh PT Jaya Prima, perusahaan asal Medan. "Kami berharap, masyarakat ikut berpartisipasi mendukung upaya pembangunan ini," sebut Edward.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/